Penguatan Implementasi Program Buy The Service Trans Metro Pasundan Koridor V dalam Upaya Mengurangi Kemacetan

Kristina Tri Gunarto, Ono Taryono, Septiana Dwiputrianti, Raisa Rafifiti Choerunnisa

Abstract


Kota Bandung memiliki tingkat mobilitas tinggi, bahkan pernah dijuluki sebagai kota termacet dengan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi yaitu 1.480.270. Oleh karena itu, pemerintah memiliki komitmen untuk mengatasi kemacetan di perkotaan dengan mencetuskan program Buy The Service. Dalam pelaksanaan program Buy The Service Trans Metro Pasundan terutama Koridor V rute Unpad Dipatiukur – Unpad Jatinangor masih terdapat beberapa aspek yang belum berjalan secara efektif. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan dan merumuskan strategi dalam rangka meningkatkan efektivitas program Buy The Service Trans Metro Pasundan Koridor V Rute Unpad Dipatiukur – Unpad Jatinangor. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan program Buy The Service Trans Metro Pasundan Koridor V belum cukup efektif pada aspek pencapaian tujuan, sosialisasi, dan perawatan halte. Rekomendasi yang dapat dirumuskan dalam upaya meningkatkan implementasi program adalah dengan menyebarkan pamflet mengenai Trans Metro pasundan dan memberlakukan SOP Pengawasan Halte.


Full Text:

PDF

References


Azizah, N. (2023, Februari 9). Tak Bisa Hindari Macet di Kota Bandung, Ternyata Ini Penyebabnya. https://news.republika.co.id/berita/rpthla463/tak-bisa-hindari-macet-di-kota-bandung-ternyata-ini-penyebabnya.

Badan Pusat Statistik. Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Provinsi dan Jenis Kendaraan (unit), 2022. Tersedia di: (https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/V2w4dFkwdFNLNU5mSE95Und2UDRMQT09/da_10/1). (Diunduh pada tanggal 12 April 2023).

Fudla, D. V., Maimunah, S., & Baharuddin, A. (2021). EVALUASI KINERJA TERMINAL LEUWIPANJANG KOTA BANDUNG. Jurnal Teknologi Transportasi dan Logistik, 2(1), 65–78.

https://www.instagram.com/p/CnMSZ1upXcV/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==. (Diakses 2 Maret 2023).

https://www.instagram.com/p/CmqLo-opUNu/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==. (Diakses 2 Maret 2023).

Lastriana, N. (2021, September 10). DORONG PENGGUNAAN TRANSPORTASI UMUM, DISHUB TERUS TINGKATKAN KUALITAS. https://www.bandung.go.id/news/read/5710/dorong-penggunaan-transportasi-umum-dishub-terus-tingkatkan-kualitas.

Markolf, S. A., Hoehne, C., Fraser, A., Chester, M. V., & Underwood, B. S. (2019). Transportation resilience to climate change and extreme weather events – Beyond risk and robustness. Transport Policy, 74, 174–186. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2018.11.003

Nanlohy, V. (2023). Dokumentasi Evaluasi Program Buy The Service Teman Bus di Indonesia. Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia.

Laporan Penumpang TMP Koridor V Rute Unpad Dipatiukur – Unpad Jatinangor Tahun 2023.

Suseno, E. R. (2019). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik Bus Rapid Transit di Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Tawakkal, I. (2023). Perancangan Kampanye Transportasi Publik Guna Meningkatkan Minat Masyarakat Kota Bandung untuk Menggunakan Trans Metro Pasundan. Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual.

Yanti, A. J., & Sundaya, Y. (2021). Permintaan Wisata Kelompok Pemuda ke Kota Bandung. Jurnal Riset Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.29313/jrieb.v1i1.63

Yusuf, M. F. (2022, Februari 12). BTS, Mau Hadir di Tiap Kota Di Indonesia. https://setkab.go.id/bts-mau-hadir-di-tiap-kota-di-indonesia/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)