Penerapan Strategi Pemasaran Pelanggan Besar Perumda Dharma Jaya

Mohammad Kahfi Ardatama

Abstract


Perumda Dharma Jaya merupakan Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta dengan kegiatan usaha bergerak di bidang perdagangan daging dengan hasil turunannya sebagai usaha pokok (core business) dan Rumah Potong Hewan, penampungan/penggemukan ternak dan penyimpanan daging sebagai usaha pelengkap (core competensi) serta usaha lainnya yang sah yang ditetapkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Permasalahan yang terjadi adalah penjualan produk kepada pelanggan besar Perumda Dharma Jaya rendah. Selain itu juga karena perusahaan masih mempunyai market share sebesar 5% pada pangsa pasar di DKI Jakarta sehingga penjualan produk-produk Perumda Dharma Jaya masih belum tersalurkan secara luas dan global. Menurut peneliti permasalahan yang terjadi disebabkan karena kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Perumda Dharma Jaya khususnya divisi pemasaran departemen pelanggan besar yang masih kurang. Maka dari itu Perumda Dharma Jaya melalui divisi pemasaran departemen pelanggan besar harus mempunyai strategi pemasaran yang baik agar dapat disesuaikan dengan para pelanggan besar, maka apabila hal tersebut dapat terlaksana dengan baik akan meningkatkan penjualan produk perusahaan. Peneliti memetakan permasalahan atau kendala yang di Perumda Dharma Jaya khususnya divisi pemasaran pelanggan besar berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan juga mengamati data-data perusahaan yang relevan dengan pembahasan pada penelitian ini. Strategi pemasaran digunakan untuk mengatasi permasalahan pada penelitian ini yaitu memaksimalkan strategi pemasaran yang sudah diterapkan perusahaan yaitu pemberian promosi potongan harga 3% dan memberikan pelayanan terbaik. Kemudian selanjutnya perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran yang meliputi strategi penetrasi pasar, memaksimalkan strategi bauran promosi.

Keywords


penjualan produk; market share; strategi pemasaran; penetrasi pasar; bauran promosi

Full Text:

PDF

References


Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445

Anindya, J. P. ., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Sianturi, C., & Simanjuntak, J. M. (2021). pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan lahan di pt. kawasan industri modern (persero) medan. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 1(2), 205–224.

Buulolo, M., & Susanto, D. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada UD. Netral Di bawo’ Otalua Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Journal of Economics and Business (AJEB), 1(2016), 1–10.

Bloom, P. N., & Boone, L. N. (2006). Strategi Pemasaran Produk. Jakarta: Prestasi Pustaka, 106.

Indarsyah, R., Rahman, A. , Putrianti, S. D. ., & Taufik, N. I. (2023). Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7471–7487. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2790.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. . (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Rangkuti, S.A., Kurniawan, I. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung Berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat. Jurnal Wacana Kinerja, 25 (2), 201-222. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v25i2.763

Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)