Perancangan Brand Strategy Canvas Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Haircare

Haya Salsabil, Nanda Ravenska, Nur Imam Taufik, Reni Wijayanti

Abstract


Brand Awareness dari Perusahaan Haircare jika dibandingkan dengan pesaing sejenisnya, berada pada tahap tidak menyadari merek. Hal ini menjadi tantangan untuk Perusahaan Haircare dalam meningkatkan brand awareness pada tahap puncak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis branding yang sudah dilakukan oleh Perusahaan Haircare dengan menggunakan analisis brand strategy canvas dan memberikan rekomendasi branding yang tepat untuk dapat diimplementasikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa elemen dari brand strategy canvas yang kurang tepat seperti belum mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan mengenai produk perawatan rambut, fokus menjelaskan bahwa produknya tidak menggunakan pengawet atau pewarna buatan dan kurang maksimal dalam mekakukan branding. Maka dari itu peneliti merekomendasikan kepada Perusahaan Haircare pada brand strategy canvas yang akan diimplementasikan yaitu fokus menjelaskan bahwa produk Perusahaan Haircare sudah tepat bagi pilihan pelanggan karena dapat menjadi solusi semua permasalahan rambut, membuat rambut jadi anti lepek dan wanginya tahan hingga 72 jam dengan menggunakan media sosial, live shopping, iklan, Brand Ambassador (BA) dan Key Opinion Leaders (KOL) serta mengadakan offline store.


Keywords


merek; kanvas strategi merek; kesadaran merek

Full Text:

PDF

References


Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445

Fitriani, L., Kurniawan, I., Ahmad, F. (2020). Strategi Pengembangan Potensi Desa dengan Pembuatan Klaster di Wilayah Kabupaten Bandung. Jurnal Wacana Kinerja, 23 (2), 151 – 178. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v23i2.202

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2).

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Nugroho, A.B. , Ahmad, F., Harahap, A.S. (2020). Product Quality Improvement Strategy and Competitive Advantage In Industry Competition. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 178 – 181.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Purba, C. O., Nurhaliza, L. ., & Putrianti, S. D. . (2022). Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Emas di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Ujungberung Bandung. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 10 (3), 169-180.

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Cetakan Pertama). Deepublish.

Satria, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. In Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM e (Vol. 2, Issue 3).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan 1). Alfabeta.

Susanti, dkk. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek Umkm (Studi Kasus: Pusat Oleh-Oleh Kota Padang). Jurnal Kraith Eknomika (Vol. 1, Nomor 2).

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Wira, A., Azizah, N., Pratami, R., & Margaretha, L. (2023). STRATEGI Komunikasi Pemasaran Waroeng Ss Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Melalui Instagram. Jurnal Riset Komunikasi.

Woods, P. (2020). The Brand Strategy Canvas. The Brand Strategy Canvas. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-5159-1

Yuliaty, T., Sarah Shafira, C., & Rafi Akbar, M. (n.d.). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong. In Journal Management (Vol. 19, Issue 3).

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)