Kebijakan Perlindungan Kelompok Usaha Kecil Olahan Pangan Melalui Kemitraan Alfamart dan Indomart di Wilayah Kabupaten Lebak
Abstract
Artikel ini dilatarbelakangi melihat bahwa pesatnya pertumbuhan minimarket menjadi pesaing dari UMKM / pasar tradisional dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Kelengkapan kebutuhan dan kenyamanan dalam transaksi dianggap menjadi alasan utama masyarakat lebih banyak memilih untuk berbelanja di minimarket. Minimarket tumbuh pesat dan dapat di temukan di segala tempat membuat persaingan antara UMKM serta menimbulkan pro dan kontra. Oleh karena itu dibutuhkan kebijakan kemitraan agar UMKM bisa berkerja sama dengan minimarket sekitar agar perekonomian masyarakat bisa terus meningkat. Dalam artikel ini akan membahas bagaimana implementasi kebijakan kemitraan umkm dan minimarket berjalan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil pembahasan berisi dengan perkembangan umkm dan minimarket dalam meningkatkan perekonomian, kebijakan kemitraan umkm. Keberadaan minimarket bahkan bisa menjadi peluang Kemitraan antara UMKM dengan Toko berjejaring sesungguhnya amat luas dan banyak. Hampir setiap peraturan perundangan yang dibahas di muka mengamanatkan kemitraan sebagai solusi untuk mendorong perkembangan UMKM, Pasar Tradisional dan menangkal dampak negatif berkembang pesatnya toko berjejaring.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., & Pradesa, H.A. (2020). Gender Differences in Risk Taking Among Entrepreneurs : Case on Small Medium Enterprise in Malang: English. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(2), 63-72. https://doi.org/10.22225/wmbj.2.2.2020.63-72
Albana, H. (2022). Dampak Keberadaan Minimarket Terhadap Pendapatan Usaha Mikro di Kecamatan Serang. UIN SMH Banten : Skripsi.
Alimudin, A., Falani, A. Z., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 4(1), 1. https://doi.org/10.30737/ekonika.v4i1.337
Arenal, A., Feijoo, C., Moreno, A., Ramos, S., & Armuña, C. (2021). Entrepreneurship Policy Agenda in the European Union: A Text Mining Perspective. Review of Policy Research, 38(2), 243–271. https://doi.org/10.1111/ropr.12416.
Arianty, N. (2013). Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional. Jurnal Manajemen & Bisnis, 13(01), 18–29.
Banjari, A. Al. (2020). analisis kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen pada indomaret banjarmasin (Studi pada Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari). Uniska Banjarmasin : Skripsi.
Bartlett, W. (2001). SME development policies in different stages of transition. MOCT-MOST: Economic Policy in Transitional Economies, 11(3), 197–204. Retrieved from http://www.springerlink.com/index/WJ1488840376027J.pdf
Dakhoir, A. (2018). Eksistensi Usaha Kecil Menengah dan Pasar Tradisional dalam Kebijakan Pengembangan Pasar Modern. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 14(1), 31. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.783
Dimyati, A. (2018). Kajian Kritis Dampak Kebijakan Izin Usaha Ritel (Minimarket) Terhadap Keberlangsungan Pembangunan Ekonomi Kerakyatan. Hukum Responsif Jurnal Hukum, 05, 23–44. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Responsif/article/view/1110
Ghassani, N. (2015). kemitraan pengembangan umkm” (Studi Deskriptif Tentang Kemitraan PT. PJB (Pembangkit Jawa Bali) Unit Gresik Pengembangan UMKM Kabupaten Gresik). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(2), 142–151.
Hidayati, N., Slamet, A.R., Agustina, I. (2022). Analyzing Gender Differences of Entrepreneurial Intention Among Student in Islamic University Malang. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 5 (2), 296-302. https://doi.org/10.29138/ijebd.v5i2.1757
Ilmawan, K. F. (2015). Analisa spasial pengaruh keberadaan minimarket waralaba terhadap omzet toko kelontong di kecamatan umbulharjo kota yogyakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Skripsi.
Kidalov, M. V., & Snider, K. F. (2011). US and European public procurement policies for small and medium-sized enterprises (SME): A comparative perspective. Business and Politics, 13(4). https://doi.org/10.2202/1469-3569.1367
Kurniawan, R. (2019). Analisis Dampak Toko Modern Terhadap Keberadaan Usaha Mikro, Kecil, Menengah Di Kota Padangsidimpuan.
Lili Marlinah. (2020). Peluang dan Tantangan UMKM Dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 Ditengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118–124.
Metaxas, T., & Duquenne, M. N. (2015). Development policies and partnerships in Greece: experiences from Thessaloniki. Journal of Entrepreneurship and Public Policy, 4(2), 209–233. https://doi.org/10.1108/JEPP-07-2013-0027
Nugroho, A. A. (2016). dampak perkembangan minimarket terhadap kestabilan ekonomi pedagang di pasar tradisional desa sukorejo kecamatan sukorejo kabupaten kendal tahun 2012-2013. Universitas PGRI Yogyakarta:Skripsi.
Nur, M., & Hasang, I. (2019). Pengaruh Minimarket Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Di Kota Parepare. Journal of Management & Business, 2(2), 263–279. journal.stieamkop.ac.id/seiko
Otniel Handityasa P Dkk. (2018). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Peraturan Izin Usaha. Journa Universitas Diponegoro, 18.
Pandin, M. L. (2009). Potret Bisnis Ritel di Indonesia: Pasar Modern. Nuclear Instruments and Methods, 164(2), 255–265.
Puspitasari, A. S., & Novira, A. (2022). Evaluation of Deconcentration Funds in the Regional Development Planning Agency (Bappeda) Central Java Province. Assets : Jurnal Ilmiah Ilmu Akuntansi, Keuangan Dan Pajak, 6(2), 108–118. doi.org/10.30741/assets.v6i2.879.
Rachman, T. (2018). implementasi kebijakan zonasi minimarket di kecamatan subang kabupaten subang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., I(1), 10–27.
Rachmaya, V., & Negara, I. A. (2011). implementasi kebijakan kemitraan usaha pada peraturan bupati kabupaten sidoarjo ( Studi Kasus Di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo ). 1–13.
Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.
Setyawati, I. (2009). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Dalam Perekonomian Nasional. Majalah Ilmiah Widya, 26(288), 50–57.
Wijayanti, R., Taufik, N.I. (2022). The Role of Village Funds to Improve Community Welfare: A Study in West Bandung Regency. International Journal of Entrepreneurship and Business Development (IJEBD), 5 (1), 155-163. https://doi.org/10.29138/ijebd.v5i1.1641
Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259
Yang, A. (2008). Analisis Industri Ritel Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 15, 128–142. Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)