Surabaya e-Health sebagai Bentuk Reformasi Kebijakan Publik di Indonesia Pada Sektor Pelayanan Publik
Abstract
Perkembangan teknologi digital menjadikan pelayanan fleksibel. Transformasi digital sebagai implementasi memberikan kemudahan dalam menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Serta membantu dan berkolaborasi dengan SDM dalam melaksanakan pekerjaannya. Transformasi digital di sektor publik diadopsi dalam pelayanan publik, pengelolaan SDM dan ruang kerja virtual. E-health telah digunakan Kota Surabaya, 63 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit. Fungsi e-health adalah distribusi kedatangan, agar tidak bertumpuk. Desain aplikasi mudah digunakan. E-health disediakan dalam 3 bahasa. E-health dapat diakses melalui seluruh e-kios yang tersebar di Kota Surabaya. 154 kelurahan di Surabaya dilengkapi dengan e-kios. Aplikasi e-health membawa perubahan signifikan dalam bagi masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di Kota Surabaya. Rekomendasi yang diberikan yaitu memperkuat peranan dan komitmen pimpinan, mengembangkan serta menambah fitur yang terintegrasi, meningkatkan sosialisasi antar pemangku kepentingan, dan memberikan pelatihan serta upaya peningkatan kapasitas SDM dalam memberikan pelayanan prima berfokus pada teknologi informasi.
Kata Kunci: e-health; implementasi; digital; SDM; pelayanan
Full Text:
PDFReferences
Baralou, E., & Tsoukas, H. (2015). How is new organizational knowledge created in a virtual context? An ethnographic study. Organization Studies, 36(5), 593–620. https://doi.org/10.1177/0170840614556918
Caesarius, L. M., & Hohenthal, J. (2018). Searching for big data: How incumbents explore a possible adoption of big data technologies. Scandinavian Journal of Management, 34(2), 129–140. https://doi.org/10.1016/j.scaman.2017.12.002
Corrocher, N., & Ordanini, A. (2002). Measuring the digital divide: A framework for the analysis of cross-country differences. Journal of Information Technology, 17, 9–19.
Dawud, J., Mursalim, S. W., Anomsari, E. T., & Taufik, N. I. (2019). Strategi perwujudan Kota Bandung sebagai kota ramah penyandang disabilitas: Sebuah perspektif aksesibilitas pelayanan publik .Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 141–159. https:f//doi.org/10.33509/jan.v25i2.543
Firdaus, I. T., Tursina, D.T., dan Roziqin, A., (2021). Transformasi Birokrasi Digital Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mewujudkan Digitalisasi Pemerintahan Indonesia. Jurnal Studi Kepemerintahan, Vol. 4 No. 2
Gimpel, Henner; Huber, Johannes; and Sarikaya, Serkan, (2016), Customer Satisfaction In Digital Service Encounters: The Role Of Media Richness, Social Presence, And Cultural Distance" . Research Papers. 91. https://aisel.aisnet.org/ecis2016_rp/91
Hydle, K. M. (2015). Temporal and spatial dimensions of strategizing. Organization Studies, 36(5), 643–663.
Kaivo-Oja, J., Roth, S., & Westerlund, L. (2017). Futures of robotics. Human work in digital transformation. International Journal of Technology Management, 73(4), 176–205.
Kornberger, M., Meyer, R. E., Brandtner, C., & H ?ollerer, M. A. (2017). When bureaucracy meets the crowd: Studying “Open government” in the Vienna City administration. Organizaiton Studies, 38(2), 179–200. https://doi.org/10.1177/0170840616655496
Krause Hansen, H., & Flyverbom, M. (2015). The politics of transparency and the calibration of knowledge in the digital age. Organization, 22(6), 872–889. https://doi.org/10.1177/1350508414522315
Kuusisto, M. (2017). Organizational effects of digitalization: A literature review. International Journal of Organization Theory and Behavior, 20(03), 341–362. https://doi.org/10.1108/IJOTB-20-03-2017-B003
Ngantung, D., Lumenta, A., dan Karouw, S., (2014). Analisa Literasi TIK Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Manado. Jurnal Teknik Informatika Vol. 13, No. 4
Pusat Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet & Indonesia (APJII), 2020, *Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2)*. Tersedia di https://apjii.or.id/downfi le/downloadsurvei/infografi s_apjii.pdf%20. [Diakses pada 20 Maret 2022]
Picot, A., Reichwald, R., Franck, E., & Moslen, K. (2017). Organizational Competence for Servitization. Nunberg, Germany: Springer Gabler
Pritchard, K., & Symon, G. (2014). Picture perfect? Exploring the use of smartphone photography in a distributed work practice. Management Learning, 45(5), 561–576.
Ramdani, E.M. (2019). Analisis Keberlanjutan Inovasi Lokal: Studi Kasus Inovasi e-Health Cimalaka Sehat. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 22 (2), 163-182. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v22i2.159.
Ramdani, E.M., Maasir, L., Artisa, R.A. (2020). Strategi Community Engagement Dalam Program Gema Madani Simpati (Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif) di Kota Tasikmalaya. Moderat : Jurnal Ilmu Pemerintahan. 6 (4), 728-743
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations 5th edition. New York: Free Press
Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., & Ilhami, A. (2020). Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63-73.
Wabwoba, F., Omuterema, S., Wanyembi, G. and Omieno, K. (2013) ‘Green ICT Readiness Model for Developing Economies: Case of Kenya’, International Journal of Advanced Computer Science and Applications(IJACSA), 4(1), pp. 51–65. .
Walker, R. M. (2006). Innovation type and diffusion: an empirical analysis of local government. Public Administration, 84(2), 311–335.
Yusuf, R. & Sari, N. (2021). Demokrasi Digital di Indonesia: Studi Kasus Implementasi “Qlue” di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Sumber Daya Aparatur Vol. 3 No. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)