Efektivitas Program Layanan Digital Pengaduan Melalui LAPOR! di Dinas Perhubungan Kota Bandung

Annisa Pratiwi Ginandjar, Endah Tri Anomsari, Septiana Dwi Putrianti, Endah Mustika Ramdani

Abstract


Pelayanan pada aplikasi LAPOR! dirasa masih belum sesuai dengan harapan masyarakat, karena adanya pengaduan yang masih terproses dengan waktu yang cukup lama. Hal ini yang juga terjadi pada Dinas Perhubungan Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas LAPOR! diukur melalui 5 dimensi dari teori efektivitas program, yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, dan pencapaian tujuan menyeluruh. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dan analisis tambahan Diagram Fishbone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program LAPOR! di Dinas Perhubungan ini belum sepenuhnya efektif. Hal ini terlihat dari beberapa fakta dimensi keberhasilan program yaitu sistem yang mengalami gangguan/error, keberhasilan sasaran belum maksimal, kegiatan sosialisasi belum maksimal dilakukan, kurangnya pengawasan penunjang pelaksanaan pelayanan, banyaknya laporan data yang kurang jelas, serta adanya aduan yang terus berulang  Saran yang diberikan anatara lain adalah perlunya komitmen pimpinan dan jajaran dalam pelayanan public, diterapkannya kebijakan sanksi yang tegas apabila terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan pelayanan pengaduan melalui LAPOR!.


Keywords


Kata Kunci: Pelayanan Publik, LAPOR!, Pengelola Pengaduan Masyarakat, Dinas Perhubungan, Bandung

Full Text:

PDF

References


Ayu, Fuji, dkk. 2021. “Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Digital (E-Government) Di Era Pandemi Covid-19.” Ilmu Administrasi (A) Vol.18 (2).

Basuki Agung. 2020. “Peran Badan Permusyawaratan Desa Dalam Menampung Aspirasi MAsyarakat.”

Dawud, J., Mursalim, S. W., Anomsari, E. T., & Taufik, N. I. (2019). Strategi perwujudan Kota Bandung sebagai kota ramah penyandang disabilitas: Sebuah perspektif aksesibilitas pelayanan publik.Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 141–159.

Goni, Michael. G. H. 2019. “Penyerapan Aspirasi Masyarakat Oleh Anggota DPRD Di Kabpaten Minahasa Selatan.”

Maulana, R.R., Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 419 – 423.

Maylia Goswira, Witri. 2022. “Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis Website Dalam Rangka Menuju Nganjuk Smart City Pada Pemerintahan Desa Trayang, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.” Universitas 17 Agustus 1945.

Moelong, L, J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakaya.

Muatiarin, Dyah &. Zaenudin, Arif. 2014. Manajemen Birokrasi Dan Kebijakan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.

Muhidin, S. A. 2009. Konsep Efektivitas Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Mursalim, Siti Widharetno. 2018. “Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Di Kota Bandung.” Ilmu Administrai (AI).

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 884-901.

Prastya, Anggi. 2023. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi LAPOR Sleman Terhadap Efekktivitas Pelayanan Publik Di Humas Diskominfo Kabupaten Sleman.”

Ramdani, E.M. (2019). Analisis Keberlanjutan Inovasi Lokal: Studi Kasus Inovasi e-Health Cimalaka Sehat. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 22 (2), 163-182.

Sahirah, Zahra, Rudiana Rudiana, and Novie Indrawati Sagita. 2021. “Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bandung Tahun 2020.” Jurnal Administrasi Pemerintahan (Janitra) 1(2):144–55.

Saputri, Liana Ika. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Dalam Peningkatan Pelayanan Pengaduan Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Dan Persandian Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah.” Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan.

Yahya, Afif Syarifudin, and Setiyono Setiyono. 2022. “Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Aplikasi SP4N-LAPOR.” Jurnal Media Birokrasi 1–22. doi: 10.33701/jmb.v4i1.2432.

Yeni Denisa, dkk. 2019. “Pengembangan E-Government Melalui Layanan Aspirasi Masyarakat Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Magelang.” Ilmu Administrasi (AI) Vol.XVI No.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2017 Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengaduan Pelayanan Publik.

Permen PAN RB Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Roadmap Pengembangan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.

www.lapor.go.id. (2023, Agustus). LAPOR! Pemerintahan Kota Bandung. Diakses pada 25 Agustus 2023. https://www.lapor.go.id/instansi/pemerintah-kota-bandung#

Zulvia, P., Haryanto, N.D., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di KOMPAS.COM. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2023
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)