Efektivitas Sosial Media Marketing Terhadap Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik STIA LAN Jakarta
Abstract
Pemasaran digital (digital marketing) adalah bentuk aktivitas pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan secara virtual dengan menggunakan media digital/internet. Politeknik STIA LAN Jakarta sebagai salah satu perguruan tinggi juga dituntut untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman dalam memberikan layanannya. Meskipun anggaran promosi meningkat dua kali lipat sejak tahun 2020 hingga 2022 (dari 39.816.245 rupiah menjadi 83.927.250 rupiah), namun secara realisasi jumlah pendaftaran siswa tidak tumbuh dengan baik, terutama pada tahun 2022. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana efektivitas penggunaan media sosial sebagai alat promosi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik STIA LAN Jakarta. Metode yang digunakan Penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang dikhususkan pada upaya sosial media marketing yang dilakukan Politeknik STIA LAN Jakarta pada akun instagram @poltekstialanjkt. Metode pengumpulan data adalah technical content analysis dengan batasan hingga kondisi Juni 2023. Penggunaan media sosial untuk mengiklankan penerimaan mahasiswa baru di Politeknik STIA LAN Jakarta telah berjalan dengan cukup baik, terlihat dari peningkatan jumlah pengikut, rasio CTR, dan tercapainya kuota penerimaan mahasiswa baru tahun 2023. Meskipun demikian masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan sebagai strategi optimalisasi, diantaranya dengan verifikasi akun blue tick, kerutinan postingan, penggunaan fitur targeting dan peningkatan respon serta interaksi.
Kata Kunci: pemasaran digital; strategi promosi; pemasaran sosial media, penerimaan mahasiswa baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, A. (2021). The Fundamental of Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Anindya, J. P., Pradesa, H. A., Nugroho, A. B., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567
Chaffey, D. dan Smith, P.R. (2013). E-Marketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing. 4th Edition. London: Taylor & Francis.
databoks. (2023, Februari 1). Status Literasi Digital di Indonesia 2022. From databoks.katadata.co.id: https://databoks.katadata.co.id/publikasi/2023/02/01/status-literasi-digital-di-indonesia-2022
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Pariwisata dan Budaya Vol 12 no 1.
Hayu, R.S. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millennial Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan vol 4 No 1, 61-69.
Indrawati, K.A.P; Sudiarta, N.I; Suardana, W.I. (2020). Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook Dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata Vol 17 No 2.
Kaplan, A dan Haenlein, M. (2010). Users of the World, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53, 59-68.
Maulana, R.R., Priatna, R. (2021). Perancangan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Menunjang Digitalisasi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 419 – 423. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3753
Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. . (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, vol 3 (1), 71-80.
Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.
Solihati, K. D., & Adriwati. (2021). Readiness of Indonesia Telecommunication Business Incumbent in Facing Disruption Era. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18 (08), 2476-2487.
Solihati, K. D., Inggriantara, A., & Camila, B. (2022). Proposed Penetration Strategy for Kokei as a Start-Up Business in Bekasi City. International Journal of Management and Applied Science (IJMAS) 8, 79-87.
Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.
We Are Social. (2023). Indonesia DIGITAL 2023 Report. Jakarta: We Are Social.
Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)