Urgensi Rekaman Kegiatan sebagai Keterbukaan Informasi Publik pada Program Pembangunan Pemerintah Berkelanjutan (Sustainable Develeopment Goals) di Politeknik STIA LAN Jakarta

Nadia Putri Josua

Abstract


Abstrak


Keterbukaan informasi publik menjadi acuan dari terselenggarangan Pemerintahan yang baik (good governance) dengan aspek akuntabilitas, transparansi, dan tingginya partisipasi masyarakat terhadap informasi yang tersedia. Studi ini bertujuan untuk melihat akurasi rekaman kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk dari keterbukaan akses informasi publik yang menunjang pembangunan berkelanjutan. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif studi kasus melalui wawancara dengan ahli kunci di STIA LAN Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa STIA LAN Jakarta telah memenuhi syarat keterbukaan informasi berupa; 1. Tedapat dasar hukum sebagai prosedur akses informasi, 2. Terpenuhi syarat pelayanan dari segi teknis maupun administrasi, 3. Memiliki aturan baku yang tersistematis, 4. Informasi yang tersedia terjamin, 5. Keaman informasi jelas dan terbatas sesuai ketentuan yang berlaku, serta 6. Evaluasi kinerja dilakukan dan dinilai menggunakan audit dan sistem lain yang terintegrasi. Namun demikian, masih diperlukan adanya digitalisasi dalam keterbukaan informasi, sehingga informasi publik tersebut lebih mudah untuk diakses dan sesuai dengan kebutuhan zaman yang telah menggunakan teknologi dalam informasi publik.

 

Abstract

 

Public information disclosure is a reference for implementing good governance with aspects of accountability, transparency, and a high level of public participation in the available information. This study aims to see the accuracy of recording activities carried out as a form of open access to public information that supports sustainable development. The research method was carried out using a qualitative case study through interviews with key experts at STIA LAN Jakarta. The research results show that STIA LAN Jakarta has fulfilled the requirements for information disclosure in the form of; 1. There is a legal basis for information access procedures, 2. Service requirements are met from a technical and administrative point of view, 3. Have systematic standard rules, 4. Guaranteed available information, 5. Information security is clear and limited in accordance with applicable regulations. applicable regulation. applicable regulation. applicable regulations, and 6. Performance evaluation is carried out and assessed using integrated audits and other systems. However, digitalization is still needed in information disclosure, so that public information is more accessible and in line with the needs of the times that utilize technology in public information.


Keywords


Keterbukaan, Informasi Publik, dan Pemerintah Berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. N., Anomsari, E. T., & Novira, A. (2021). A Conceptual Model of Localizing the SDGs: Lesson Learned from the Local Development Plan and Practice in Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(8).

Annisya, N. M. O., & Novira, A. (2023). Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Kampung Seraya Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 26(1), 29-50.

Anomsari, E.T., & Mursalim, S.W. Mainstreaming Disability: Challenges and Strategies Toward Equality and Decent Work in Indonesia. Soshum: Jurnal Sosial dan Humaniora, 10 (1), p. 1-9, http://dx.doi.org/10.31940/soshum.v10i1.1444

Dawud, J., Mursalim, S. W., Anomsari, E. T., & Taufik, N. I. (2019). Strategi perwujudan Kota Bandung sebagai kota ramah penyandang disabilitas: Sebuah perspektif aksesibilitas pelayanan publik .Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 141–159. https:f//doi.org/10.33509/jan.v25i2.543

Perdinan, Atmaja, T., & Adi, R. F. 2017. Progress on Climate Change Vulnerability, Risk, Impact and Adaptation: Challenges and Opportunities (A. Wibowo, T. Widayati, S. Anwar, Nuraeni, & D. Hilman Eds.). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Depok. ISBN: 978-602-74011-9-8.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas

https://indonesiabaik.id/infografis/hak-penyandang-disabilitas-diatur-undang-undang-1 https://apeksi.id/disabilitas

https://openstreetmap.id/about/

https://es.slideshare.net/rosarahardi/analisis-apbd-2010cetak

https://www.ohchr.org/sites/default/files/Documents/Issues/ClimateC

hange/materials/InfoDisabilities3.pdf

https://www.suara.com/bisnis/2021/12/21/173133/indef-91-persen-penyandang-disabilitas-di-indonesia-tak-mendapat-akses-internet

https://himiespa.feb.ugm.ac.id/disabilitas-dan-kemiskinan-keadaan-dengan-tantangan-ekonomi-yang-mendatang/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/10/sebanyak-2837-pekerja-disabilitas-berusaha-sendiri-pada-2020

https://theconversation.com/kesenjangan-digital-menghambat-penyandang-disabilitas-untuk-terlibat-aktivisme-daring-apa-yang-harus-dilakukan-pemerintah-192030

https://dataindonesia.id/digital/detail/jumlah-pengguna-ponsel-di-indonesia-capai-3556-juta-pada-2020

https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak-penyandang-disabilitas-di-indonesia

Kajian Disabilitas, Tinjauan Peningkatan Akses dan Taraf Hidup, Penyandang Disabilitas Indonesia Aspek Sosial ekonomi dan yuridis. Laporan Rekomendasi Kebijakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548

Ramdani, E.M., Maasir, L., Artisa, R.A. (2020). Strategi Community Engagement Dalam Program Gema Madani Simpati (Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif) di Kota Tasikmalaya. Moderat : Jurnal Ilmu Pemerintahan. 6 (4), 728-743

Ramdani, E.M. (2019). Analisis Keberlanjutan Inovasi Lokal: Studi Kasus Inovasi e-Health Cimalaka Sehat. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 22 (2), 163-182. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v22i2.159.

Taufik, N., Pradesa, H.A., & Agustina, I. (2022). Persepsi Risiko Pada Pemerintahan Desa: Sebuah Tinjauan Dari Perspektif Perangkat Desa Di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 120-135. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.353

Zulvia, P., Haryanto, N.D., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di KOMPAS.COM. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)