Model Media Promosi Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten
Abstract
Tabungan dimasa tua menjadi satu hal yang cukup penting bagi masyarakat, hal ini disikapi oleh bank BJB dengan penyediaan fasilitas program pensiun melalui pengadaan produk DPLK yang diperuntukkan bagi khalayak luas. Namun promosi DPLK yang dilakukan oleh bank BJB ini dianggap belum optimal, dikarenakan media promosi yang digunakannya belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga menyebabkan penurunan jumlah peserta/nasabahnya. Tujuandari penelitian ini adalah untuk menganalisisprogram promosi produk DPLKbank BJB,dengan merumuskan model media promosi DPLK bank BJB. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan promotion tools yang berisi 5 indikator yakni Periklanan, Penjualan Perseorangan, Promosi Penjualan, Publisitas, dan Pemasaran Langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan promosi periklanan produk DPLK bank BJB ini belum sepenuhnya efektif. Hal ini terlihat dari terdapatnya beberapa fakta bahwa kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui media digital, dan sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. Dengan adanya kendala-kendala yang terdapat pada penelitian ini, maka dirancanglah sebuah model promosi sebagai bentuk upaya untuk mengoptimalkan kegiatan promosi produk DPLK bank BJB, dan diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan jumlah nasabah serta penjualan produk bank BJB khususnya pada produk DPLK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abimanyu, S., & La Sulo, S. L. (2008). Strategi pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, 4, 1–16.
Gitosudarmo, I. (2009). Manajemen Operasi (Edisi Ketiga). Yogyakarta: BPFE.
Grace, S., & Adiasih, N. (2022). Pelaksanaan Good Pension Fund Governance pada DPLK BNI (Program BNI SIMPONI). Reformasi Hukum Trisakti, 4(1), 155–162.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1).
Kasmir, S. E. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Edisi Revisi. Jakarta : RajaGrafindo Persada
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson, 803–829.
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra ilmu.
Mahendra, O. C. (2019). Pengaruh Sistem Pembayaran Non Tunai Dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779
Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).
Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.
Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta : Rajawali pers, 2013
Yermo, J. (2008). Pension fund governance: Challenges and Potential Solutions. Available at SSRN 1217266.
Undang-Undang Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)