STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA CIMAHI

Chaeruddin Djoeharie

Abstract


Meningkatnya aktivitas sosial ekonomi di Kota Cimahi mendorong masyarakat menggunakan kendaraan semakin banyak. Akibatnya, permintaan lahan parkir meningkat, retribusi parkir meningkat, yang pada gilirannya meningkatkan pendapatan daerah Kota Cimahi. Namun sejak tahun 2018-2020, target pendapatan retribusi parkir di Kota Cimahi setiap tahunnya mengalami penurunan dan memberikan kontribusi yang terlalu rendah terhadap pendapatan daerah. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 19 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perparkiran, dan Peraturan Wali Kota Nomor 28 Tahun 2020 tentang Tarif Retribusi Jasa Usaha, penerimaan retribusi parkir di Kota Cimahi diharapkan semakin meningkat, namun. dalam pelaksanaannya hal tersebut belum dapat terealisasikan. Penelitian ini menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis SWOT, Analisis AHP dan Analisis Hirarki Proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Penyusunan Kebijakan Retribusi Parkir di Dinas Perhubungan  Kota Cimahi perlu untuk dievaluasi, kondisi sarana dan prasarana belum maksimal, faktor penghambat implementasi retribusi parkir di Kota Cimahi yaitu kurang pantauan dari personil dinas terkait di lapangan. strategi peningkatan penerimaan retribusi parkir di Dinas Perhubungan Kota Cimahi berdasarkan prioritas strategi adalah Memanfaatkan potensi penerimaan retribusi parkir tepi jalan umum; Dijalankannya program Terminal Parkir Elektronik (TPE); Meningkatkan pengawasan melalui koordinasi dengan instansi lain (Satpol PP, Kepolisian, dsb) dan membentuk tim pengawas khusus perparkiran; Pemasang Closed Circuit Television (CCTV) di setiap lokasi parkir tepi jalan umum.


Keywords


Strategi kebijakan, Retribusi Parkir, Kota

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku-buku

Arikunto, Suharsimi., 2006, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, (edisi revisi V), Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Bryson, M John. 2007. Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial, Pustaka Pelajar, Yogjakarta

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik, Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Creswell, W John. 2009. Oualitative Inguiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks, California: SAGE Publication

Ernest, Dale. 1995. Planning and Developing the Company Organization Structure, American Management Association

Halim, Abdul dan Mujib. 2009. Manajemen Keuangan Daerah, AMP YKPN, Yogyakarta

Jones.R.Gareth. 2004. Organizational Theory, Design and Change: Text and Cases,Fourt Edition. New Jersey: Person Education,Inc.Upper Saddle River

Kaho, Josef Riwu. 2007. Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia, Jakarta: Raja Grafika Persada

Keban Yeremias. 2000. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik:Teori,konsep dan isu. Yogyakarta: Gava Media

Kertapraja, Koswara. 2010. Pemerintahan Daerah. Jakarta : Inner

Maleong J, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1994, Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: SAGE Publications

Muhammad, Suwarsono. 2008. Manajemen Strategik: Konsep, Kasus. UPP AMP YKPN: Yogyakarta

Riyadi dan Bratakusumah, DS. 2003. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Saladin. Djaslim. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: PT. Linda Kayra

Salusu, J. 2004. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Non Publik. Angkasa, Bandung

Satori dan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: CV. Alfabeta

Siagian. 2007. Administrasi Pembangunan, Jakarta: CV Haji Masagung

Sidik, Machfud. 2004. Indonesia Antara Akumulasi Krisis dan Tuntutan Reformasi. Jakarta: LP3NI.

Silalahi, U. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta

Suliyanto. 2005. Analisis Data: Dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Thoha, Miftah, 2000. Birokrasi Indonesia Dalam Era Globalisasi, Bogor. Pusdiklat Pegawai Depdiknas

Wrihatnolo, Randy R dan Dwidjowijoto, Riant Nugroho. 2006. Manajemen Pembangunan Indonesia: Sebuah Pengantar dan Panduan. Jakarta: PT. Gramedia

Yoeti, A. Oka. 2002. Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata, PT. Pradnya Paramita: Jakarta

Jurnal dan Karya Ilmiah Lainnya

Gedeona, Hendrikus Triwibawanto 2010. Pendekatan Kualitatif dan Kontribusinya dalam Penelitian Admninistrasi Publik. Volume VII Nomor 3 September 2010. Jurnal Ilmu Administrasi STIA LAN Bandung

Haryanti, Nita dkk 2015, Strategi Pengelolaan Perparkiran di Kota Salatiga. Jurusan Administrasi publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Diponegoro. https://media.neliti. com/media/publications/135877-ID-strategi-pengelolaan-perparkiran-di-kota.pdf.

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 Tentang Otonomi Daerah

Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan jalan

Undang undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah

Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Perparkiran

Peraturan Wali Kota Cimahi Nomor 27 Tahun 2020 Tentang Tarif Retribusi Jasa Umum


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)