human relation
Abstract
Abstrak : Saat ini pariwisata berkembang pesat. Permasalahannya, kemajuan sebuah daerah wisata belum menjamin peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal karena masih rendahnya partisipasi masyarakat dalam pengelolaan wisata. Tulisan ini merupakan hasil penelitian, ingin mengkaji strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata Buah Dua, Kabupaten Sumedang. Melalui pelatihan dan pendampingan disekitar menejemen desa wisata. Masyarakat kemudian disatukan dalam wadah organisasi, diyakini kelompok sadar wisata (Situs Malandang) Buah Dua. Situs Malandang menyusun anggaran dasar dan anggaran rumah tangga dan berdasarkan musyawarah sebagai bentuk pengkapasitasan sistem nilai. Tahap pendayaan diberikan kepada masyarakat yang telah mempunyai kapasitas sehingga tercapai kemandirian desa Buah dua banyak mendapat bantuan untuk pembangunan sarana pemduduk wisata maupun pengembangan usaha wisata dari berbagai pihak. Strategi pemberdayaan masyarakat berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, meningkatkan jumlah wisatawan di setiap tahunnya telah meningkatkan PAD kecamatan Buah dua.
Kata kunci : Strategi pemberdayaan, Desa wisata, Wisata Buah Dua
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)