Kualitas Pelayanan pada Perpustakaan Universitas Negeri Makassar

Sirajuddin Saleh, Nugrawari Nugrawati, Muh. Nasrullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari satu orang petugas perpustakaan dan sepuluh orang pemustaka (pengunjung perpustakaan). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pada perpustakaan Universitas Negeri Makassar telah memadai atau baik, hal ini dapat dilihat dari hasil masing-masing indikator yaitu bukti fisik hasilnya sudah memadai atau baik, kehandalan yang hasilnya sudah baik, daya tanggap yang hasilnya sudah baik, jaminan dapat dikategorikan memadai atau baik, dan empati yang hasilnya sudah memadai. Dari kelima indikator tersebut rata-rata mendapatkan hasil yang memadai atau baik, sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pada perpustakaan Universitas Negeri Makassar sudah mampu dikategorikan baik.


Keywords


kualitas; pelayanan; perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Akib, H., & Ihsan, A. (2017). Bureaucratic reform in public service: A case study on the one stop-integrated service. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(2), 253–258.

Anwar, H., Niswaty, R., & Saleh, S. (2017). Pelayanan Penerbitan Buku Pelaut Berbasis Online. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 11–24.

Arhas, S. H., Niswaty, R., Cahyono, T., & Rahman, N. (2022). Social Network Analysis: E-Marketing Sales of “Kue Lebaran†in the Perspective of the Technology Acceptance Model. Pinisi Business Administration Review, 4(1), 45–52.

Ismail, A., Sulur, A. H., Akib, H., & Salam, R. (2016). Snapshot of Society Social-Economic Welfare based on Human Development Index in Polewali Mandar Regency, Indonesia. International Conference on Public Organization VI (ICONPO VI), 847–858.

Ismail, I., & Darwis, M. (2016). Efektivitas Pelayanan Perpustakaan Sekolah Bagi Siswa di SMK Negeri 1 Pare-Pare. Jurnal Office, 2(2), 215–220.

Niswaty, R., Darwis, M., Andriani, D., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 71–78.

Nurdin, A. A., Niswaty, R., & Saleh, S. (2015). Minat Baca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office, 1(1), 109–113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)