Efektifitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang

Intan Permata Wangi, Adella Lukiantina, Rike Anggun Artisa

Abstract


Mal Pelayanan Publik (MPP) hadir sebagaiupaya pemerintah dalam meningkatkankualitas pelayanandengan menawarkan pelayanan yang lebih progresif. Namun, adanya pademi covid-19 dengan berbagai pembatasan sosial yang ada, menjadi sebuah tantangan bagi pelayanan untuk tetap beroperasi. Disisi lain, pandemi juga kianmendorong percepatan pemanfaatan teknologi menjadi society 5.0 yang juga didorong oleh meningkatnya harapanmasyarakat akan pelayananan publikyang berkualitas. Maka dari itu, menjadi tanggung jawab pemerintah selaku penyelenggara pelayanan publik untuk dapat beradaptasi. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efektifitas penyelenggaraan pelayanan publik melalui Mal Pelayanan Publik pada masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Penelitian ini berfokus pada Mal Pelayanan Publik yang telah terselenggara di Kabupaten Sumedang  yang telah beroperasi hampir 2 tahun. Dalam mengukur efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik yakni dengan meninjau dari aspek proses internal organisasi, dan aspek eksternal organisasi. Hasil temuan dari penelitian ini menyimpulkan, efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik belum dapat menjangkau semua pengguna layanan utamanya di masa pandemi covid-19. Hadirnya pandemi pun membuat beberapa jenis pelayanan yang ada menjadi terdampak yakni tutupnya pelayanan. Di sisi lain, sistem website dan aplikasi mobile Mal Pelayanan Publik yang menunjang pelayanan belum secara efektif dan efisien dalam memberikan keuntungan ekonomis dan sosial, mengingat terbatasnya fitur sistem dari website dan aplikasi mobile yang belum terintegrasi dengan situs berbagai jenis layanan yang ada.


Keywords


Efektivitas; mal pelayanan; pelayanan publik; society 5.0

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, P. R. (2018). Inovasi dalam Pelayanan Publik di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Politico, Vol 18, No 2. Retrieved from:http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/POLITICO/article/view/1659

Datamora, S. (2020). Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik untuk Masyarakat Padang. Jurnal Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik, Vol 1, No 4. 136-142. Retrieved from: http://jmiap.ppj.unp.ac.id/index.php/jmiap/article/view/68

Dewi, D.S., & Tobing, T.N.W, (2021). Optimalisasi Penyelenggaran Pelayanan Publik Dalam Masa Perubahan Melawan Covid-19 Di Indonesia. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol. 5 No.1. DOI: https://doi.org/10.52362/ jisamar.v5i1.362

Lestari, R., Mutiarin, D., & Nurmandi, A. (2020). Inovasi Mall Pelayanan Publik untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 6(2), 528-551.https://doi.org/https: //doi.org/10.32666/tatasejuta.v6i2.138

Maulana, A. dan Widodo, E. (2019). Inovasi Mall Pelayanan Publik Kota Probolinggo dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Prosiding Simposium Nasional ''Tantangan Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Revolusi Indusri 4.O. https://doi.org/10.22219/ PSNIP.Vol0.No0.II|548-568

Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol 11, No 2. Retrieved from: https://journal.ikopin.ac.id/index.php /coopetition/article/view/116

Puryatama, A.F, Tiyas N. H. 2020. Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Studi Kepemerintahan. Vol. 3 No. 1.

https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/download/580/433

Umam, U dan Adianto. (2020). Efektivitas Mall Pelayanan Publik (MPP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, Vol 4, No 1. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/humaniora/article/view/600

https://covid19.go.id/peta-sebaran

https://sumedangkab.go.id/profil

https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)