Harapan Metode Pembelajaran Oleh Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran, kendala yang dialami, keefektivitas, serta harapan para pelajar pada proses Pembelajaran Jarak Jauh yang selama ini telah diterapkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei, tepatnya survei online menggunakan google form dengan memperoleh data secara kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara acak ditujukan pada responden pelajar SD, SMP, dan SMA. Ditemukan sebanyak 113 responden yang menanggapi survei ini. Tidak hanya menggunakan data survei online yang telah dilakukan, tetapi juga membandingkan dengan beberapa penelitian terdahulu untuk membandingkan dengan lebih jelas terkait kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh yang telah ditetapkan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Di samping menjelaskan data yang telah diperoleh dari survei online, juga dijelaskan keterkaitan antara teori beserta data tersebut. Peneliti juga menyertakan saran beserta solusi berdasarkan yang telah disampaikan oleh responden melalui google form untuk evaluasi kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh kedepannya yaitu guru mengadakan video penjelasan materi melalu channel Youtube agar dapat dipahami dan ditonton secara berulang kali oleh siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 282-289.
BBC News Indonesia. (2020). BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53691985
Briliannur Dwi C, A. A. (n.d.). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89/pdf
Kamil, I. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19. nasional.kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all
Kemdikbud. (2020). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Hukum Online.com: https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/04/surat_edaran_menteri_pendidikan_dan_kebudayaan_nomor_4_tahun_2020-2.pdf
Maisa, E. (2020). Pendapat Saya tentang Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online. lpmdki.kemdikbud.go.id: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pendapat-saya-tentang-pembelajaran-jarak-jauh-secara-online/
Maisa, E. (2020). Penerapan Model Pemelajaran Flipped Classroom Menggunakan Portal Rumah Belajar Dalam PJJ. lpmpdki.kemdikbud.go.id: https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/penerapan-model-pembelajaran-flipped-classroom-menggunakan-portal-rumah-belajar-dalam-pjj/
Mustafa, K. (2020, April 16). Pembelajaran Daring atau Jarak Jauh? youtube.com: https://www.youtube.com/watch?v=c65Kp4IdaVI&feature=youtu.be
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terrhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 23-33.
PENS. (2020). Dasar Hukum PJJ. pjj.pens.ac.id: https://pjj.pens.ac.id/index.php/dasar-hukum/
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal IAIN Bone.
Taher, A. P. (2020). Beajar di Rumah, Nadiem Imbau Guru Tak Berlebihan Beri Tugas. tirto.id: https://tirto.id/belajar-di-rumah-nadiem-imbau-guru-tak-berlebihan-beri-tugas-eHkX
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)