Literasi Budaya Dalam Keluarga Pada Masyarakat Sekitar Candi Batujaya: Perspektif Sosial Ekonomi

Tarma Tarma, Maya Oktaviani

Abstract


Candi Batujaya merupakan komplek percandian tertua di Indonesia yang potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan desa wisata. Untuk menjadi desa wisata diperlukan masyarakat dengan kemampuan literasi budaya yang baik, minimal tentang budaya setempat. Pengembangan literasi budaya dimulai dari keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran literasi budaya dalam keluarga serta tinjauan literasi budaya dari perspektif sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk survey. Responden penelitian ini ialah keluarga yang berada di sekitar komplek candi batujaya karawang yang berjumlah 58 orang. Hasil penelitian ditemukan: (1) pendidikan terakhir ibu yaitu 57% SD/sederajat, 26% SMP/sederajat, 16% SMA/sederajat, dan 2% sarjana; (2) pendidikan terakhir bapak yaitu 50% SD/sederajat, 33% SMP/sederajat, 16% SMA/sederajat, dan 2% sarjana; (3) pendapatan keluarga diketahui 40% kurang dari 1 juta rupiah, 50% berpenghasilan 1 sampai 3 juta rupiah, dan 10% berpenghasilan 3 sampai 5 juta; (4) implementasi literasi dalam keluarga dan pengetahuan tentang budaya berada dalam kategori rending dengan rata-rata masing-masing 1,63 dan 1,81 dalam skala 1-4. Literasi budaya dalam keluarga tidak berbeda signifikan ditinjau dari tingkat pendidikan ibu, tingkat pendidikan bapak, dan tingkat pendapatan keluarga. Untuk meningkatkan literasi budaya dalam keluarga diperlukan model pengembangan literasi budaya dalam keluarga untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan terkait hal tersebut.

Keywords


literasi budaya, keluarga, status sosial ekonomi

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kemendikbud.

Segal, N. 2015. From Literature to Cultural Literacy. Humanities 2015, 4, 68–79;

Shamshayooadeh, G. 2011. Cultural Literacy in the New Millennium: Revisiting E.D. Hirsch. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1 No. 8; July 2011

Naqeeb, H. 2012. Promoting cultural literacy in the EFL classroom. Global Advanced Research Journal of Educational Research and Reviews Vol. 1(4) pp. 041-046, May, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)