Diseminasi Model Kolaboratif Dalam Pengelolaan Bencana di Provinsi Lampung: Studi Terhadap Penanganan Covid-19
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design . Populasi dalam penelitian ini adalah stakeholder pengelola bencana, sedangkan sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 orang yang dipilih secara acak dengan teknik cluster sampling yang telah diuji homogenitas data pada keseluruhan populasi penelitian dengan menggunakan uji Bartlett. Alat pengumpul data berupa soal tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal pre-test dan post-test serta 20 butir pernyataan angket dan kisi-kisi soal yang keseluruhannya telah divalidasi oleh tiga orang validator. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model terhadap sikap kelompok stakeholder dalam penanganan bencana. Disimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata sikap kelompok stakeholder dalam penanganan bencana sebelum diterapkan model Kolaboratif tergolong kurang dengan rata-rata nilai sebesar 58, 61 dengan standar deviasi 10, (2) Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata sikap kelompok stakeholder setelah diterapkan model Kolaboratif tergolong baik dengan rata-rata nilai 79,61 dengan standar deviasi 9,85. (3) Berdasarkan hasil perhitungan mengunakan analisis regresi diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Kolaboratif terhadap sikap kelompok stakeholder.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad Munib. 2004. Pengantar Ilmu Pendiidkan. Semarang: UPT UNNES Press
Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Hadi, A dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Soewarso. 2000. Cara-Cara Penyampaian Pendidikan Sejarah Untuk Membangkitkan Minat Peserta Didik Mempelajari Sejarah Bangsanya. Jakarta: Dirjen Dikti
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryono, H. 2005. Statistik Pedoman, Teori dan Aplikasi. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)