PERANAN UNIT KERJA DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEJABAT ANALIS KEBIJAKAN DI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

Witra Apdhi Yohanitas

Abstract


Unit kerja organisasi di Lembaga Administrasi Negara (LAN) memiliki peran penting dalam proses pengembangan kompetensi pegawainya. Khususnya bagi pejabat fungsional analis kebijakan (pejabat AK) Hal ini dikarenakan pejabat AK dibekali kemampuan substantif seperti kemampuan analisa semuah kasus kebijakan serta kemampuan untuk  mengkomunikasikannya. Kompetensi ini didapatkan melalui pelatihan dasar jabatan fungsional dan pelaksanaan tugas yang didapat dari unit kerja serta dari pendidikan dan pelatihan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran unit organisasi dalam  pengembangan kompetensi pejabat fungsional analis kebijakan di LAN. Tujuannya Memberikan penjelasan peran unit organisasi dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi pejabat AK di LAN serta memberikan rekomendasi penyelesaian kendala yang dihadapi unit kerja organisasi. Metodologi yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif pada studi kasus di LAN. Hasilnya adalah didapai peranan yang dapat dilakukan oleh unit kerja LAN seperti bagian SDM, Pusat pembina jabatan analis kebijakan (Pusaka) dan unit kerja kajian inovasi serta kediklatan.  Jika bagian SDM melingkupi seluruh ASN yang ada di LAN, dan Pusaka melingkupi ASN dengan jabatan analis kebijakan maka unit kerja lainnya akan berperan melalui penugasan terkait tugas. Tentu permasalahan juga dihadapi untuk itu perlu informasi lebih lengkap terkait proses pengembangan kompetensi dan perlu dilakukan pelaksanaan penugasan lintas kompartemen/sektor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)