Pengaruh Pelatihan dan Pembimbingan Ekspor terhadap Keberhasilan Ekspor Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

Rahayu Widyantini

Abstract


Neraca perdagangan Indonesia per Agustus 2019 masih menunjukkan nilai negatif, nilai impor masih lebih tinggi dari ekspor. Ekspor Indonesia didominasi oleh barang nonmigas, sedangkan impor didominasi oleh barang migas. Pelaku usaha kecil dan menengah mampu memberikan kontribusi terhadap penciptaan nilai ekspor nonmigas Indonesia. Berbagai dukungan diberikan bagi pelaku usaha baik kecil, menengah maupun skala besar untuk meningkatkan nilai ekspornya. Salah satu dukungan yang diberikan adalah pelatihan dan pembimbingan ekspor, yang bertujuan untuk meningkatkan keberhasilan pelaku usaha memasuki pasar ekspor. Pelatihan dan pembimbingan ekspor yang selama ini diberikan belum terukur, apakah mampu memberikan hasil yang signifikan atau tidak terhadap kemampuan peserta melakukan ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pelatihan dan pembimbingan ekspor memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan pelaku usaha kecil dan menengah dalam menembus pasar ekspor. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data primer hasil pengisisan kuesioner ke peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelatihan (training) dan pembimbingan (coaching) memiliki pengaruh secara simultan yang positif terhadap keberhasilan ekspor pelaku usaha kecil dan menengah dalam menembus pasar ekspor.


Keywords


ekspor; pelatihan; pembimbingan

Full Text:

PDF

References


Hardono. 2004. Faktor-Faktor yang Menghambat Bisnis Ekspor UKM. Makalah dalam Diskusi Panel Pengembangan UKM dalam Kegiatan Ekspor, 21 September 2004, Hotel Bumi Karsa, Jakarta.

Neddy Rafinaldy. 2004. Upaya dan Strategi Pengembangan UKM dalam Rangka Peningkatan Ekspor. Makalah.

Suprianto. 2004. Kinerja UKM dalam Kegiatan Ekspor. Direktorat Neraca Produksi, Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Tambunan, Mangara. 2003. Tiga Kendala Besar Pengembangan UKM Berorientasi Ekspor. Makalah dalam Diskusi Panel Pengembangan UKM dalam Kegiatan Ekspor, 21 September 2004, Hotel Bumi Karsa, Jakarta.

Gray Judy H ( 1999) An empirical Model of Small Business Success, Working paper 18/99 Monash University , Faculty of Business and Economic.

Hasyim Mohd Khairuddin , et al , (2002) Determining the Moderating Effect Of Environment on the Business Strategy-Performance relationship in Malaysian SMEs , Jurnal Bisnis Strategi, vol 8, Desember 2001/TH .VI /2002.

Indriantoro Nur, Bambang Supomo (1999) Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, edisi pertama, BPFE Yogyakarta.

Kuncoro Mudrajat (2001) Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi, edisi pertama, UPP AMP YKPN Yogyakarta.

Monwarul Islam , Export Strategy for Small firms , International Trade Forum, University of Manchester, UK.

Moen Oystein, The Relationship Between Firm size , Competitive advantages and export Performance Revisited , International Small Business Journal 18 .1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)