Analisis Kualitas Pelayanan pada Bidang Pembuatan KTP di Kantor Kecamatan Situraja

Muhamad Rafli Hardiman, Yunanda Novian Harismansyah, Arip Rahman Sudrajat, Sri Sulastri, Neng Sri Hendayati Syarif

Abstract


Abstrak

 

Peningkatan kualitas pelayanan tidak hanya ditempuh melalui keputusan – keputusan, tetapi melalui peningkatan kemampuan aparat dalam memberikan berbagai materi mengenai manajemen pelayanan melalui diklat – diklat struktural pada berbagai tingkatan. Penilaian kinerja pelayanan public tidak cukup hanya dilakukan dengan menggunakan indikator – indikator yang melekat pada pengguna jasa seperti kepuasan para pengguna jasa seperti kepuasan para pengguna jasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan KTP yang diberikan oleh Pemerintah Kecamatan situraja Kota Sumedang yang diukur melalui beberapa indikator kualitas pelayanan, yaitu: jaminan, bukti langsung, empati, daya tanggap, kehandalan, dan komunikasi. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui faktor kendala dari kualitas pelayanan yang dapat dilihat dari sarana dan prasarana, prosedur pelayanan, dan kemampuan pegawai. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara.Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan KTP di Kecamatan Situraja masih belum maksimal yang dapat dilihat dari jaminan penyelesaian yang belum pasti, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya perhatian dan tanggapan yang baik dari pegawai, daya tanggap pegawai yang kurang serta kurangnya informasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai prosedur pelayanan. Peneliti menyarankan agar Pemerintah Kecamatan Situraja meningkatkan kinerja pegawai dengan melakukan pelatihan terhadap pegawai, menambah sarana dan prasarana dan juga memperjelas informasi mengenai prosedur pelayanan.

 

Kata Kunci: Sistem Administrasi; Kualitas Pelayanan


Keywords


Sistem Administrasi; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Peraturan Presiden No.35 Tahun 2010 Tentang Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) Secara Nasional

Sinembala, LP, Rochali, S, ghazali, R, Muksin, A, Setiabudi, D, Bima, J, dan Saifudin. 2000, Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara, Jakarta

Soetopo, 1999, Pelayanan Prima, LAN RI, Jakarta

Sugiono, 2003, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung

Undang-Undang No. 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)