Penerimaan Pengguna Sistem KRK-NEW Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Diciptabintar Kota Bandung
Abstract
Pesatnya kemajuan teknologi digital telah mendorong pemerintah, termasuk Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang (Diciptabintar) Kota Bandung menghadirkan inovasi layanan publik lebih cepat dan transparan. Namun, inovasi ini menghadapi tantangan serius karena jumlah pemohon justru mengalami penurunan signifikan antara tahun 2020 hingga 2024, mengindikasikan adanya masalah dalam penerimaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem KRK-New dengan menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei, populasi penelitian adalah 16.713 pemohon KRK-New. Sampel sebanyak 114 responden dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui kuesioner skala Likert berbasis Google Form, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap pengguna, menjadikannya faktor dominan dalam penerimaan sistem. Sementara itu, persepsi manfaat berpengaruh positif namun tidak signifikan. Meskipun tingkat penerimaan secara umum berada dalam kategori "baik", kendala teknis dan persepsi manfaat yang belum maksimal masih ditemukan. Untuk mengatasi hal ini, penelitian merekomendasikan penyederhanaan alur layanan, perbaikan antarmuka sistem, penyediaan backup link dan verifikasi QR code, penambahan panduan digital, serta sosialisasi yang berkelanjutan untuk meningkatkan aksesibilitas dan kegunaan sistem bagi masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Pradesa, H.A., Putranto, R.A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap), 4 (2), 218-235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237
Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 7 No 1, 182–187.
Agustina, I., & Suryana, W. P. (2024). Peran Kualitas Layanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat Pada Kelurahan Antapani Wetan Kota Bandung. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 112–123.
Alif, S. E. N., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Teman PBB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 96–103.
Andikaputra, F., Yulandary, W., Zulvia, P., & Nugroho, A.B. (2022). Meninjau Efektivitas Sistem Rely-on Dalam Menunjang Pengelolaan Pelanggan Pada PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Area Batam. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 143-162. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1445
Amelinda, S., Aditya Pradesa, H., Syahadat Harahap, A., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134-146. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1387
Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.
Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242
Aprianti, F. N., Ravenska, N., Anwar, S., & Pradesa, H. A. (2025). Efektivitas Penerapan Viral Marketing Melalui Instagram Dalam Promosi TIC (Tourist Information Center) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 372–383. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2396
Azkiya, S. R., & Labibah, L. (2023). Analisis Penerimaan Aplikasi Ikalsel Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam). Unilib : Jurnal Perpustakaan, 14(1). Https://Doi.Org/10.20885/Unilib.Vol14.Iss1.Art3
Damara, R., Rasyid, A. S., & Nugraha, R. A. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Sindi Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) Pada Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Kota Palembang.
Dharmanegara, I.B.A., Harijanto, D., Jamaluddin, M.R., Agustina, I. (2023).Mengeksplorasi Dimensi Perilaku Inovatif PNS: Sebuah Studi Empiris di Kabupaten Badung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 11 (2), 269-282. https://doi.org/10.17509/image.2023.025
Fadhil Bayhaqy, R., & Adolf Telnoni, P. (2020). Aplikasi Dinas Tata Ruang Kota Bandung Modul Pengajuan Rekomendasi Kawasan Bandung Utara (Studi Kasus Dinas Tata Ruang Kota Bandung).
Fecira, D., & Mohd Khairal Abdullah, T. (2020). Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam).
Giovani, N. S., Abubakar, R. R. T., Pradesa, H. A., & Novira, A. (2025). Efektivitas Penggunaan Aplikasi BJB DIGI pada ASN di Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 329–342. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2393
Gunaningrat, R., Purnomo, S., & Suhatmi, E. C. (2022). Mengapa Umkm Menggunakan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Dan Apa Pengaruhnya? Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2). Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V5i2.792
Hanizam, J.H., Sudrajat, A.S., Taryono, O., Novira, A. (2025). An Analysis of the Quality of Srikandi Utilization as a Digital Official Document Management System at Bappelitbangda of Cimahi City. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 4(2), 229–234. https://doi.org/10.55850/simbol.v4i2.259
Hanizam, J.H., Sudrajat, A.S., Taryono, O., Novira, A. (2025). An Analysis of the Quality of Srikandi Utilization as a Digital Official Document Management System at Bappelitbangda of Cimahi City. Jurnal Administrasi Publik Dan Pemerintahan, 4(2), 229–234. https://doi.org/10.55850/simbol.v4i2.259
Harahap, A., Zulvia, P. (2021). Klasterisasi Desa dengan Menggunakan Algoritma K-Means pada Data Potensi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 237 – 246. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3724
Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200
Harijanto, D., Dharmanegara, I. B. A., Pradesa, H. A., & Tanjung, H. (2022). Do Distributive Justice Really Make Public Officers Feels More Obligated in Their Job?. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.1Hidayat, J., Aisah, N. S., & Yulianto, S. (2021). Metode Technology Acceptance Model.
Hilmi Maulana, M., & Khusnudin, &. (2024). Analisis Minat Pengguna Mobile Ugt Dengan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking And Finance, 7(2).
Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548
Munawa, R Z., Herdiana, Y., Suharya, Y., & Putri, N. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (E-Journal), 8.
Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2024). Institutional model of science techno Park: Overview of government-owned Stp management in West Java. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(1), 43. doi:10.26858/jiap.v14i1.57033
Nadia Nadia, & Muhammad Irwan Padli Nasution. (2024). Transformasi Digital: Peran Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Efisiensi Organisasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 627–634. Https://Doi.Org/10.61722/Jemba.V2i1.675
Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779
Nurlita, C.M., Priatna, R., Pradesa, H.A., Nugraha, H. (2025). Efektivitas Upaya Peningkatan Kompetensi Bidang Metrologi Industri Tentang Alat Ukur di PT Pindad. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 (3), 1159-1166.
Nurrahmah, S., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerapan Aplikasi SIM BARRAYA Pada DISBUDPAR Kabupaten Bandung Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 142–152
Panudju, A. T., & Purba, F. (2024). Metodologi Penelitian. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/377847335
Permana, B, Zulvia, P. (2023).Peninjauan E-Service Quality Aplikasi PosAja Menggunakan Customer Satisfaction Indeks (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus: PT. Pos Indonesia). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 201-208.
Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678
Pradesa, H.A., Agustina, I., & Wijayati, I., Y. (2023). Pelaksanaan Review Kerangka Kerja Manajemen Risiko Pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (3), 330 – 343.
Pradesa, H.A., Tanjung, H., Agustina, I., Salleh, N.S.N.M.(2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, Vol. 4, No.2, pp. 244 – 260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911
Pratama, A., Zulaikha Wulandari, S., & Laksmi Indyastuti, D. (2022). Analisis Technology Acceptance Model (Tam) Pada Penggunaan Aplikasi Pln Daily (Studi Empiris Pada Pegawai Pln Up3 Tegal).
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Purwanto, E., Sofia Senastri Dahlan, K., Bachtiar, D., Mayori Septiani, K., Ridhwan, N., Augusta Susanto, D., Ramadhani Elyosha Marey, D., & Deviny, J. (2020). Technology Adoption A Conceptual Framework. Www.Philpublishing.Com
Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393.
Putri, M. C., & Yuliyana, W. (2023). Implementasi Digitalisasi Pelayanan Publik Dan Kompetensi Sdm Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Jurnal Pariwisata, Bisnis Digital Dan Manajemen, 2(1). : Https://Doi.Org/Xxxxxxx/Jasdim.V2i1.3926
Raihana, M., Putri, R., Sukarno, D., & Halim, H. A. (2022). E-Readiness Dinas Penataan Ruang Kota Bandung Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Keterangan Rencana Kota (Krk) Online E-Readiness Bandung City Spatial Planning Agency In Organizing Online Krk Service. In Jurnal Administrasi Negara), Februari (Vol. 13).
Ramdhani, V. R. , Asri, M. D. , Harahap, A. S. , & Nugroho, A. B. (2025). Pengukuran Tingkat Keberhasilan Penggunaan JMO BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan Model Delone & Mclean. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 421–434. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2404
Ramadhaniati, N. S. (2022). Implementasi Pelayanan Publik Berbasis Digitalisasi Desa Mojomalang (Studi Kasus : Layanan Mandiri). Jurnal Inovasi Penelitian (Jip), 3(4).
Ridwan, R. A., Nugraha, H., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (2024). Analisis Penempatan Pegawai Berdasarkan Kompetensi di Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan I – VI Jawa Barat. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 124-142. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i2.260
Riani, D., Agung, G., Putri, A., Agus, P., & Pratama, E. (2021). Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (Sipd) Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam) (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Gianyar) (Vol. 2, Issue 3).
Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729
Salsabilla, Nesia., & Fanida, H. E. (2021). Inovasi Pelayanan Go-Ploong (Go-Pelayanan Limbah Cair Domestik Online Gresik) Di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.
Saputri, N., & Kunang, S. O. (2020). Analisis Penerimaan Sistem Informasi Primary Care Bpjs Pada Puskesmas Di Kota Palembang Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Bina Darma Conference On Computer Science.
Simare Mare, B., Yana, A. A., & Mandiri, U. N. (2022). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama. In Ijns.Org Indonesian Journal On Networking And Security (Vol. 11). Online.
Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764
Syahada, J. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Pendaftaran Online Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Di Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau.
Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205
Tanjung, H., Nugraha, H., Priatna, R., & Azhari, A. F. (2025). Determinan Terpenting Dari Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan PT POS Tebing Tinggi Deli. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 147-160. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1386
Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540
Taryono, O., Mursalim, S.W., Anwar, S. (2021). Strategy for Handling Covid-19 in the Perspectives of Policy Implementation, Community Institutions and Community Participation in Cileunyi Sub-District. 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 140 – 145.
Taryono, O., Sufianti, E., & Jubaedah, E. (2025). How do Stakeholders Participate in Waste and Water Security Management? Insights from West Java Province, Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 21(1), 75–90. https://doi.org/10.24258/jba.v21i1.1588
Utami, I. R., Putranto, R. A., & Agustina, I. (2022). Strengthening Public Service Motivation with Spiritual Leadership: An empirical Study of Public Organizations in East Java. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(4), 338–351.
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik Dengan Teknologi Di Era Digital. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754. Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i2.24833
Wulandari, N. Pradesa, H.A., Zulvia, P., Agustina, I. (2025).Analisis Faktor Tentang E-Service Quality Pada Aplikasi Jakone Mobile. BanKu : Jurnal Perbankan dan Keuangan, Vol.6,No.1.
Zulvia, P., Haryanto, N. , Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di Kompas.com. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26 (2), 81 – 94. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734
Zulvia, P., & Harahap, A.S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518-525. doi:https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501
Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)