Evaluasi Kinerja Asesor Di Lembaga Sertifikasi Profesi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bandung
Abstract
Kinerja asesor merupakan salah satu faktor penting dalam menjamin kelancaran dan kredibilitas proses sertifikasi kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Evaluasi terhadap kinerja asesor di LSP P2 Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bandung dilakukan untuk menilai kualitas kerja, kuantitas kerja, ketepatan waktu, efektivitas, dan kemandirian kerja para asesor dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja asesor, mengidentifikasi hambatan yang dialami, serta menyusun upaya perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja asesor. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja asesor sudah cukup baik, terutama dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan asesmen. Namun, pada aspek pelaksanaan asesmen masih menghadapi hambatan pada tingkat organisasi, seperti keterbatasan alat dan bahan uji, pelatihan teknis, komunikasi, penilaian dan evaluasi kinerja serta jumlah asesor. Hambatan pada tingkat individu antara lain beban administrasi, pemahaman prosedur, dan kesiapan peserta. Untuk mengatasi hambatan tersebut, upaya perbaikan dilakukan melalui pelatihan teknis dan administratif, pemanfaatan sistem digital untuk pengumpulan dan pelaporan data, penguatan koordinasi antarasesor, serta evaluasi kinerja secara berkala oleh pihak LSP. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi dan kemandirian asesor secara berkelanjutan agar proses sertifikasi kompetensi berjalan efektif dan profesional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242
BNSP. 2013. Pedoman BNSP 303 - 2013 tentang Pedoman Persyaratan Umum Asesor, Master Asesor dan Lead Asesor.
BNSP. (2015). Manual Operasional Website Dan Aplikasi Sertifikasi BNSP-LSP, Pedoman Persyaratan Umum Asesor, Master Asesor Dan Lead Asesor. Jakarta. BNSP.
BNSP. (2019). Petunjuk Teknis (JUKNIS) Pelatihan Asesor Kompetensi dan Recognition Current Competency (RCC) Tahun 2019. Jakarta. BNSP.
Dawud, J., Pradesa, H. A., & Afandi, M. N. (2018). Distributive and Procedural Justice, Perceived Organizational Support, and Its Effect on Organizational Commitment in Public Organization. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1675–1188
Fauzi, Akhmad., dan NA, Rusdi Hidayat. (2020). Manajemen Kinerja. Surabaya: Airlangga University Press.
Febriana, Rina. (2019). Evalusi Pembelajaran. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Fitriani, I. D., Zulkarnaen, W., Sadarman, B., & Yuningsih, N. (2020). Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 244-264.
Gibson, James L., Ivancevich, John M., Donnelly, James H., dan Konopaske, Robert. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes (Edisi ke-14). New York: McGraw-Hill.
Group, Langgeng P. (2024). Peran Asesor BNSP-Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawabnya. Langgeng Perkasa Group kps. https://kualitasprimasertifikasi.com/peran-asesor-bnsp-apa-saja-tugas-dan-tanggung-jawabnya/.
Harijanto, D., Salleh, N. S. N. M., Touati, H., Dharmanegara, I. B. A., & Tanjung, H. (2022). Human Resource Development Perspective in Analyzing the Strategic Environment: Case on Inspectorate Probolinggo Regency. Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(3), 86–93. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i3.15
Hidayat, M. S., Fitra, D., Susetyo, A. M., Amarulloh, R. R., & Ardiansyah, R. (2023). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Penerbit Widina.
Info, R. (2023, Juli 16). Apa itu Asesor dan Syarat Menjadi Asesor. Kumparan.com. https://kumparan.com/ragam-info/apa-itu-asesor-dan-syarat-menjadi-asesor-20nrVuNyfCl/full.
Kojongian, Melisa Kaveeta. Tumbuan, Willem J.F.A., & Ogi, Imelda W.J. (2022). Efektivitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Bukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. Jurnal EMBA. Volume 10. Nomor 4. Halaman 1966-1975.
Listiani, T., Salsadila, D. A., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.3111
LSP Umsurabaya, A. (2024, Mei 08). Apa Itu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Muhammadiyah Surabaya. https://lsp.um-surabaya.ac.id/homepage/news_article?slug=apa-itu-lembaga-sertifikasi-profesi-lsp-1.
Manajemen, AHS lspahs. (2022, Januari 20). Berikut Tugas Utama Asesor yang Perlu Diketahui. Lembaga Sertifikasi Profesi-P1 AHS Manajemen. https://lspmsdmahsmanajemen.com/tugas-utama-asesor/.
Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 1992. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-PRESS).
Nurlita, C.M., Priatna, R., Pradesa, H.A., Nugraha, H. (2025). Efektivitas Upaya Peningkatan Kompetensi Bidang Metrologi Industri Tentang Alat Ukur di PT Pindad. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 (3), 1159-1166.
Paputungan. Rosita. Novie, P., & Joice, R. (2020). Evaluasi Logistik Alat Kesehatan di Puskesmas UPTD Pinolosian Kabupaten Bolang Mongondow Selatan. Jurnal Administrasi Publik Unsrat. Volume 6. Nomor 95. Halaman 37-45.
Paramata, Marsel. Rares Joyce J., & Ruru, Joorie M. (2023). Evaluasi Kinerja Pemerintah Desa Tasye Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Administarsi Publik. Volume 9. Nomor 2. Halaman 169-178.
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2018 tentang Badan Nasional Akreditasi Profesi (BNSP).
Peraturan Menteri Nomor 185 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 161 Tahun 2015 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia
Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor 6 Tahun 2024 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Lembaga Sertifikasi Profesi.
Pide, Akhmad., & Anita. (2022, November 27). Faktor Yang Mempengaruhi Evaluasi Kinerja Para Pegawai Di Kantor Pemerintah. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/365774953_Faktor_Yang_Mempengaruhi_Evaluasi_Kinerja_Para_Pegawai_Di_Kantor_Pemerintahan.
Pradesa, H. A. (2018). Peran Komitmen Afektif Dalam Memperkuat Dampak Dari Dimensi Iklim Kerja Etis Terhadap Perasaaan Berkewajiban Pegawai. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 16–29. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.21
Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678
Pradesa, H. A., Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Rusdianti, I. S. (2023). Studi Empiris Tentang Kompetensi Auditor Dalam Melakukan Fungsi Audit Internal Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 81-91. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.01.08
Putranto, R., Dawud, J., Pradesa, H., Harijanto, D., & Agung Dharmanegara, I. (2022). Manajemen Talenta Pada Sektor Publik: Sebuah Studi Literatur Serta Arah Model Kajian Untuk Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 176-211. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i2.1463
Putranto, R.A., Andikaputra, F.A.T., Pradesa, H.A., Priatna, R. (2022). Meningkatkan komitmen bagi Aparatur Sipil Negara: Perspektif teori pertukaran sosial dalam akuntabilitas organisasi publik. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 915 – 926. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1748.
Ridwan, R. A., Nugraha, H., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (2024). Analisis Penempatan Pegawai Berdasarkan Kompetensi di Dinas Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan I – VI Jawa Barat. Jurnal Manajemen Dan Penelitian Akuntansi (JUMPA), 17(2), 124-142. https://doi.org/https://doi.org/10.58431/jumpa.v17i2.260
Silean, Novia Ruth., dkk. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Saleh, Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Siagian, Sondang P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sihombing, Puji Lastri T & Batoebara, Maria Ulfa. (2019). Strategi Peningkatan Kinerja Karyawan Dalam Pencapaian Tujuan Perusahaan Di CV Multi Baja Medan. Jurnal Publik Renform UNDHAR MEDAN. Edisi 6 Juni-Desember. Halaman 1-16.
Sukatin, S. P. I., Pahmi, S. P. I., Suciati, F. N., Defrian, A., Purnama, A. I., Laksono, D. W., & Kuswara, M. I. (2022). Manajemen dan evaluasi kerja. Deepublish.
Salmaa. (2022, Maret 22). Apa itu Asesor? Ini Syarat-Syarat dan Cara Menjadi Asesor. deepublish. https://penerbitdeepublish.com/asesor-adalah/.
Sobandi, B., Nugraha, H., Dawud, J. (2025). Model Panca Krama/COACHEE Model (Commitment, Analysis, Choice, Execution, Evaluation): Alternatif Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Indonesia. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 111 – 134.
Uno, Hamzah B., dan Lamatenggo, Nina. (2012). Toeri Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wowiling. Vanda, G. Hanny, J., & Very, Y.Londa. (2018). Evaluasi Distribusi Program Beras Sejatera Di Desa Tolok 1 Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik Unsrat. Volume 4. Nomor 55.
Yanuar Aditya, M. I., Listiani, T., & Abdullah, S. (2023). Implementasi Kebijakan Penilaian Kompetensi Pemeriksa di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat. JRPA - Journal of Regional Public Administration, 8(2), 8–17. Retrieved from https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jrpa/article/view/1039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)

