Implementasi Kebijakan Penilaian Kinerja Organisasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut

Ricky Muhamad Zakaria, Heri Hermansyah, Rofik Sandra Herdian, Cecep Ramdhani

Abstract


Penelitian ini membahas implementasi kebijakan penilaian kinerja organisasi di Pemerintah Kabupaten Garut dengan fokus pada inovasi aplikasi SIKOPI-GARUT. Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya nilai Indeks Profesionalitas ASN (kategori sedang) serta keterbatasan sistem manual dan e-Kinerja yang belum optimal mendukung penilaian kinerja organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus, dengan data primer diperoleh melalui wawancara dengan BKD, Bappeda, dan Inspektorat serta data sekunder dari LKIP, regulasi kinerja ASN, dan laporan evaluasi SAKIP. Analisis dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña serta kerangka teori Edward III mengenai faktor komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun implementasi kebijakan telah mendapat dukungan pimpinan daerah, hambatan utama masih berupa keterbatasan SDM, fragmentasi birokrasi, dan komunikasi kebijakan yang belum optimal. Namun, keberadaan SIKOPI-GARUT terbukti mempercepat proses penilaian, meningkatkan akurasi data, dan memperkuat akuntabilitas birokrasi. Simpulan penelitian menegaskan pentingnya penguatan kapasitas SDM, sosialisasi regulasi, dan optimalisasi integrasi SIKOPI-GARUT sebagai instrumen digital untuk meningkatkan kinerja organisasi dan mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang akuntabel.


Keywords


Implementasi Kebijakan; Penilaian Kinerja Organisasi, Kabupaten Garut

Full Text:

PDF

References


A, A. D., Aini, D. N., Si, S. S. M., & Susanto, D. H. (n.d.). MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN SITUBONDO .

Abubakar, R. R. T., Prasetya, D.D. (2025).Penerapan E-Government melalui Aplikasi Masagi Musrenbang di Desa Ciburial.Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 25 – 42.

Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.

Anwar, S., Trilestari, E. W., & Agustina, I. (2022). The Tourism Development Policy in Bandung Regency: A Study on Kampung Gamis Soreang. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 19(1), 112 - 121. https://doi.org/10.31113/jia.v19i1.859

Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242

Dwiyanto, A. (2018). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif Dan Kolaborasi. UGM PRESS.

Edwards III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quarterly Press.

Febrianti, W. , Rahman, A., Rahmawati, A., & Taufik, N. I. (2023). Model Penilaian Kinerja Keuangan PT XYZ . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5596–5604. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2843

Gae, A. C. F., & Ardieansyah, A. (2025). Implementasi Aplikasi E-Kinerja untuk Meningkatkan Kinerja ASN di Kecamatan Ende Timur. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 5(3), 1081–1090. https://doi.org/10.54082/jamsi.1895

Gustomo, S. R., Asri, M. D., Ravenska, N., & Kurniawan, I. (2025). Customer Satisfaction Index (CSI) sebagai Alat Ukur Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(3), 4465–4473. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i3.2660

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Hinkin, T. R., Tracey, J. B., & Enz, C. A. (1997). Scale Construction: Developing Reliable and Valid Measurement Instruments. Journal of Hospitality & Tourism Research, 21(1), 100-120. https://doi.org/10.1177/109634809702100108 (Original work published 1997)

Hollweck, T. (2015). Robert K. Yin. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th ed.). . Canadian Journal of Program Evaluation, 30(1), 108–110. https://doi.org/10.3138/cjpe.30.1.108

Husin, P.A., Nugroho, A.B., Pradesa, H.A., Purba, C.O. (2025). Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Pada PT Agronesia (Perseroda) Berdasarkan Triple Bottom Line. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7 (3), 1147-1158.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2022. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja ASN. Jakarta.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2024. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 22 Tahun 2024 tentang Penilaian Kinerja Organisasi. Jakarta.

Madhani, L., Zai, P. N., Utami, M. A., & Hanoselina, Y. (2024). Efektivitas Implementasi Sistem Elektronik ( E-Kinerja ) Dalam Menilai Kinerja. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 2(1), 121–130.

Muhammad Farhan Rizki, & Asima Yanti Sylviana Siahaan. (2023). Implementasi Program Electronic Kinerja (E-Kinerja) Aparatur Sipil Negara (ASN) DI Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Serdang Bedagai. SAJJANA: Public Administration Review, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.32734/sajjana.v1i1.13649

Maharani, H.K., Abubakar, R. R. T. (2024). Pembangunan Desa Berkelanjutan: Inovasi Kolaborasi Program Masagi Bersih. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 8 (2), 131-144.

Mursalim, S. W., & Anwar, S. (2024). Institutional model of science techno Park: Overview of government-owned Stp management in West Java. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 14(1), 43. doi:10.26858/jiap.v14i1.57033

Nabila, P., Sufianti, E., Nugroho, A.B., Harahap, A.S. (2024). Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Di KBM Komersial Kayu Jawa Barat dan Banten Perhutani.Cakrawala Repositori IMWI, Vol. 7 No. 5, 1353-1364.

Nugraha, C.A.P., Ravenska, N., Rejeki, P.W.A., Kirana, C.A.D. (2025). Mengukur Nilai Sosial Program Urban Farming: Studi SROI Pada Buruan SAE di Arcamanik. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 4 (3), 223-237.

Puspita, G.C., Taufik, N.I., Wijayanti, R., Kurniawan, I. (2024). Penilaian Kinerja Keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Menggunakan Metode Time Series Indeks. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur (JEBDEKER), 5 (1), 32 – 42.

Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729

Q.A., D. T., & Sujarwoto. (2017). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 2(1), 58–67.

Salsabila, G. S., Taufik, N.I., Rahman, A., Pradesa, H.A. (2024). Model Empiris Tentang Kinerja Keuangan Perusahaan Farmasi Studi Pada PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur (JEBDEKER), 5 (1), 43 – 56.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. ISBN: 978-602-289-334-7.

Sunardi, S., & Pradesa, H. A. (2018). An empirical evidence of ethical climate index in rural banks from Board of Directors Perspective. Journal of Economics, Business & Accountancy Ventura, 21(3), 373. https://doi.org/10.14414/jebav.v21i3.1590

Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764

Tanjung, H., Salleh, N. S. N. M. ., & Pradesa, H. A. (2023). Mediating Role of Public Service Motivation in Enhancing the Effect of Spiritual Leadership on Felt Obligation and Affective Commitment. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 864–875. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.49540.

Zahrona. (2025). Literatur Review?: Pengukuran Kinerja Sektor Publik. 2(4), 220–224.

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938

Zulvia, P., Haryanto, N.D., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di KOMPAS.COM. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 26 (2), 81 – 94. https://doi.org/10.17933/jskm.2022.4734

Zulvia, P., & Harahap, A.S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518-525. doi:https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)