Efektivitas Aplikasi Sapawarga Dalam Meningkatkan Partisipasi Digital Masyarakat

Iis Winawati, Abdullah Ramdhani, Mochammad Iqbal Fadhlurrohman, Riksa Raesalat

Abstract


Transformasi digital dalam layanan publik mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengembangkan aplikasi Sapawarga sebagai platform digital terintegrasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam layanan publik. Aplikasi ini menyediakan layanan pajak kendaraan bermotor dengan sistem pembayaran digital, informasi lowongan pekerjaan berbasis pencocokan kompetensi pengguna, layanan Covid-19 yang komprehensif meliputi vaksinasi dan konsultasi, serta platform berbagi kegiatan RW untuk memperkuat keterlibatan sivik komunitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas aplikasi Sapawarga dalam mendorong partisipasi digital masyarakat Jawa Barat dan mengukur tingkat adopsi teknologi dalam layanan publik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis dokumen resmi, laporan evaluasi program, publikasi ilmiah mengenai digitalisasi layanan publik, studi kasus implementasi e-government, dan tinjauan literatur sistematis terkait partisipasi digital masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Sapawarga berhasil meningkatkan partisipasi digital masyarakat dengan memberikan akses layanan terintegrasi yang mudah digunakan, meningkatkan efisiensi waktu pelayanan yang optimal, dan memperkuat transparansi informasi publik secara signifikan. Namun, penelitian juga mengidentifikasi tantangan utama berupa rendahnya literasi digital masyarakat dan kesenjangan infrastruktur teknologi di daerah terpencil yang memerlukan strategi pengembangan berkelanjutan dan pendekatan inklusif.


Keywords


Efektivitas; Partisipasi masyarakat; Pelayanan publik digital

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R. R. T., Prasetya, D.D. (2025).Penerapan E-Government melalui Aplikasi Masagi Musrenbang di Desa Ciburial.Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 28 (1), 25 – 42.

Agustina, I., Sulistyan, R.B., Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 182-187.

Alfian Agus Renanda, A. R. (2025). Efektivitas Pelayanan Digital Dalam Mempermudah Birokrasi Dan Pengelolaan Data Publik Corresponding Author. 1(8). https://ejournal.amirulbangunbangsapublishing.com/index.php/jpnmb/index

Alif, S. E. N., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Teman PBB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 96–103.

Amelinda, S., Aditya Pradesa, H., Syahadat Harahap, A., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134-146. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1387

Artisa, R.A., Abubakar, R. R. T. , Ramdani, E.M. (2023). Mendorong Perwujudan Desa Digital 4.0 Melalui Identifikasi Tahapan Pengembangan Desa Digital. Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (1), 23-29. https://doi.org/10.31113/setiamengabdi.v4i1.44

Eom, S. J., & Lee, J. (2022). Digital government transformation in turbulent times: Responses, challenges, and future direction. In Government Information Quarterly (Vol. 39, Issue 2). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.giq.2022.101690

Jumalia Mannayong, Muh. Rizal S, Herling, & Muhammad Faisal. (2024). Transformasi Digital Dan Partisipasi Masyarakat: Mewujudkan Keterlibatan Publik Yang Lebih Aktif. Jurnal Administrasi Publik, 20(1), 53–75. https://doi.org/10.52316/jap.v20i1.260

Lautza, S., Fitriani, L., Tindaon, S.S., Ravenska, N. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Cidadap Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 8 (1), 186-194.

Meidyasari, S. (n.d.). THE IMPACT OF DIGITAL ECONOMY IN DRIVING ECONOMIC GROWTH AND DEVELOPMENT IN INDONESIA. https://injurity.pusatpublikasi.id/index.php/in

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2800

Nurrahmah, S., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerapan Aplikasi SIM BARRAYA Pada DISBUDPAR Kabupaten Bandung Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 142–152

Rumakat, L. Q. M. (2025). Analisis Efektivitas Pelayanan Publik dalam Penerapan Sistem Administrasi Berbasis Elektronik di Pemerintah Daerah. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 4282–4289. https://doi.org/10.31004/riggs.v4i2.1193

Sugiarto, A. I., & Damayanti, R. (2023). PENGARUH STABILITAS KEUANGAN, ARUS KAS BEBAS DAN INTENSITAS MODAL TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022). JURNAL ECONOMINA, 2(12), 3777–3786. https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1092

Priyatna, D.S.,Juana, T., Kurniawan, R.A., Nugraha, R.S., Utama, M.D.N., Ghiyats, M.F.A., Syahrien, A., Nurlaela, E., Purnama, D., Khoerunnisa, S. (2021). Penerapan E-Goverment Lintas Sektor dalam Memajukan Efektivitas dan Efisiensi Roda Pemerintahan. Bandung: Jurusan Administrasi Publik FIFIP UIN SGD Bandung. http://ap.uinsgd.ac.id

Valenita, S., Ramdani, E.M., Dawud, J., Nurliawati, N. (2022). Layanan Kesehatan Digital Pascapandemi melalui Pusat Koordinasi dan Informasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 25 (2), 185 – 200. http://dx.doi.org/10.31845/jwk.v25i2.764

Wahidin, M., Gunawan, R., & Anta Wiguna, A. (2024). Analisis Sentimen Terhadap Pengguna Aplikasi Sapawarga Di Google Play Store. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 19(3), 1–8. https://doi.org/10.35969/interkom.v19i3.418

Yulanda, A., & Fachri Adnan, M. (2023). Transformasi Digital: Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik Ditinjau dari Perspektif Administrasi Publik. In Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora (Isora) (Vol. 1). https://isora.tpublishing.org/index.php/isora

Zulvia, P., & Harahap, A.S. (2023). Advokasi Digitalisasi Desa Dalam Pengembangan Potensi Desa Cibodas Lembang Sebagai Desa Digital. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 518-525. doi:https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i1.2501


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)