Youth Leadership Development dalam Kebijakan Pendidikan Karakter: Analisis Konten Program Barak Militer di Jawa Barat

Ferdyansyah Wicaksono, Yaya Mulyana Abdul Aziz

Abstract


Fenomena meningkatnya kenakalan remaja dan perilaku menyimpang di Jawa Barat mendorong pemerintah daerah untuk meluncurkan program pendidikan karakter berbasis barak militer. Program ini dipromosikan sebagai solusi dalam menanamkan disiplin, tanggung jawab, dan kepemimpinan bagi generasi muda, namun menuai dukungan sekaligus kritik publik. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana wacana kebijakan tersebut dipersepsikan masyarakat melalui komentar netizen di kanal YouTube Kang Dedi Mulyadi Channel serta perdebatan pakar di televisi nasional. Secara akademis, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperluas literatur pendidikan karakter dengan menekankan dimensi komunikasi publik digital, secara praktis, studi ini membantu pemerintah memahami legitimasi kebijakan dari perspektif masyarakat akar rumput maupun kalangan pakar. Metode yang digunakan adalah analisis konten kualitatif terhadap ribuan komentar netizen serta dokumentasi debat publik, dengan pengelompokan kategori pesan (dukungan, kritik, saran, netral) dan pengukuran tingkat keterlibatan digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan publik menguatkan legitimasi program sebagai solusi atas krisis disiplin remaja, sedangkan kritik menyoroti risiko pelanggaran hak anak, trauma psikologis, dan absennya pendekatan pedagogis humanis. Temuan ini memperlihatkan adanya polarisasi wacana: legitimasi sosial berbasis pengalaman dan figur karismatik versus legitimasi normatif berbasis regulasi dan etika. Kesimpulannya, efektivitas kebijakan pendidikan karakter tidak hanya ditentukan oleh implementasi formal, tetapi juga oleh bagaimana ia dikomunikasikan, dipersepsi, dan dinegosiasikan dalam ruang publik digital maupun formal. Implikasi praktis penelitian ini menekankan perlunya strategi komunikasi kebijakan yang adaptif, mengintegrasikan narasi emosional masyarakat dengan argumen normatif pakar agar kebijakan lebih berkelanjutan dan diterima luas.


Keywords


pendidikan karakter; kepemimpinan pemuda; barak militer; komunikasi publik; legitimasi kebijakan

Full Text:

PDF

References


Afandi, M.N., Novira, A., Anomsari, E.T., Pradesa, H.A. (2024). Applying Collaborative Governance As An Intervention In Stunting Reduction An Empirical Community Empowerment Model In Sukabumi District. CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 10 (1), 44 – 64. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v10i1.50195

Aritonang, D. M., Harijanti, S. D., Muttaqin, Z., & Abdurahman, A. (2023). Extensive Jurisdiction of State Administrative Courts in Indonesia: Interpretation and Legal Coherence Issues. Public Integrity. https://doi.org/10.1080/10999922.2023.2290750

Albet, M. S., Nasikhin, N., & Fihris, F. (2024). Implementation And Challenges Of Discipline Character Education. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 120–124. https://doi.org/10.21831/jpka.v15i2.77799

Anwar, S. (2019).Peran Komite Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Untuk Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals di Indonesia. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 3 (1).

Anwar, S. (2021). Tantangan dan Peluang Kebijakan “Merdeka Belajar” sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Era Society 5.0. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 5 (1), 101-107.

Anwar, S. (2022). The Role of The School Committee as a Mediator Between Educational Institutions and Village Communities in Madrasah Tsanawiyah, Gabus Sub-district, Grobogan Regency. Jurnal Administrasi Negara, 28(2), 138–162. https://doi.org/10.33509/jan.v28i2.1712.

Anwari, A. C. A., Fahruzy, K., Aswandi, Putra, R. I. K., & Dr. Yulius Yohanes, M. S. (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM BARAK MILITER SOLUSI UNTUK MENGATASI SISWA/ REMAJA BERMASALAH DI PROVINSI JAWA BARAT. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 337–351. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27356

Berger, A. A. (2018). Media and Communication Research Methods: An Introduction to Qualitative and Quantitative Approaches. SAGE Publications.

Berlianti, Abdurahman, E. P., Ritonga, F. U., Atika, T., & Siregar, H. (2024). Pencegahan dan Penanggulangan Narkoba di Kalangan Remaja—Jejak Pustaka. Jejak Pustaka.

Dharmanegara, I.B.A., Harijanto, D., Jamaluddin, M.R., Agustina, I. (2023).Mengeksplorasi Dimensi Perilaku Inovatif PNS: Sebuah Studi Empiris di Kabupaten Badung. Image: Jurnal Riset Manajemen, 11 (2), 269-282. https://doi.org/10.17509/image.2023.025

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. SAGE.

Indriani, I., Azzahra, S., Safardi, Z., Adawiyyah, R., & Suhardi, S. (2025). MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN MELALUI BARAK MILITER: ANALISIS STAKEHOLDER DALAM INOVASI PENDIDIKAN. eL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 9(1), 105–118. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v9i1.4675

Lindgren, B.-M., Lundman, B., & Graneheim, U. H. (2020). Abstraction and interpretation during the qualitative content analysis process. International Journal of Nursing Studies, 108, 103632. https://doi.org/10.1016/j.ijnurstu.2020.103632

Mahbubi, M. (2025). Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Militer: Analisis Kebijakan Gubernur Jawa Barat Dalam Mengatasi Siswa Bermasalah. Jurnal Man-Anaa, 2(1), 54–66. https://doi.org/10.58326/man.v2i1.356

Muchsam, Y., Sucipto, B., Rismawati, R., Rusdianti, I. S., & Raharja, A. R. (2023). Forming the Character of a Physically Healthy Young Generation Through Military Education. TGO Journal of Community Development, 1(2), 90–95. https://doi.org/10.56070/jcd.2023.015

Mukti, S., Rafsanjani, M. F., Fasya, N. M., & Erihadiana, M. (2025). Implementing The Military Barracks Program For Character Education In Purwakarta: A Sociocultural Educational Review. JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 9(2). https://doi.org/10.33751/jhss.v9i2.12286

Murray, E., Berkowitz, M., & Lerner, R. (2019). Leading With and for Character: The Implications of Character Education Practices for Military Leadership. Journal of Character and Leadership Development, 6(1). https://jcldusafa.org/index.php/jcld/article/view/139

Mustaqim, D. A., Hakim, F. A., Atfalina, H., & Fatakh, A. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Sarana Partisipasi Warganet Dalam Mewujudukan Keadilan dan Akuntabilitas Penegakan Hukum di Indonesia. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(1), 53–66. https://doi.org/10.56916/jmrd.v1i1.655

Parhi, N. Z. (2025). Analisis Gagasan Kang Dedi Mulyadi tentang Pendidikan Karakter Remaja melalui Model Barak Militer. Muadalah, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.18592/muadalah.v13i1.16723

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H. A., Tanjung, H., Agustina, I., & Salleh, N. S. N. M. (2023). Increasing proactive work behavior among teachers in islamic senior high school: the role of ethical work climate and perceived organizational support. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), progres. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Rosnawati, A., Basir.B, H., & Satyadharma, M. (2025). Tawuran Pelajar dan Pertimbangan Konsep Siswa Masuk Barak Militer. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 875–884. https://doi.org/10.63822/fr9nby59

Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729

Shabrina, D. (2025, Mei | 10.57 WIB). KPAI: Pendidikan di Barak Militer Ala Dedi Mulyadi Berpotensi Langgar Prinsip Perlindungan Anak | tempo.co. Tempo. https://www.tempo.co/politik/kpai-pendidikan-di-barak-militer-ala-dedi-mulyadi-berpotensi-langgar-prinsip-perlindungan-anak-1453961

Sufianti, E., Kirana, C. A. D., Rahman, A., Cahyadi, C., Rahmi, Y., & Sundari, W. (2023, September). Cimanggung open junior high school as collaboration-based education in Cilembu Village Sumedang. In Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022) (pp. 13-22). Atlantis Press.

Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)