ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM
Abstract
Strategi pemasaran adalah salah satu cara untuk memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Startegi pemasaran dapat di pandang sebagai salah satu dasar yang di pakai dalam menyusun perencanaan UMKM secara menyeluruh. Dipandang dari luasnya permasalahan yang ada dalam suatu usaha, maka di perlukan adanya perencanaan yang menyeluruh untuk dijadikan pedoman bagi segmen suatu usaha dalam menjalankan kegiatanya, alasan lain yang menunjukan pentingnya strategi pemasaran adalah semakin kerasnya persaingan perusahaan pada umumnya. Banyak sekali permasalah yang dialami UMKM dalam melakukan pemasarannya salah satunya yaitu para pelaku UMKM kurang promosi. Salah satu strategi yang bisa di lakukan adalah dengan publikasi melalui sosial media. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing, dan untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan startegi pemasaran yang telah di lakukan. Teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, wawancara dan observasi, jenis penelitian deskriptif. Hasil analisis srategi pemasaran yang di lakukan adalah masih adanya para pelaku UMK yang mengabaikan strategi pemasaran pada saat memasrkan produknya yang mengakibatkan usaha yang di jalaninya tidak bertahan lama
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)