Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Kelontong Madura di Kelurahan Kedoya Selatan Kota Jakarta Barat

Hannisha Hamzah, Budi Priyono

Abstract


Persaingan bisnis antara pasar modern seperti minimarket dengan UMKM warung kelontong menjadi topik yang semakin relevan di Indonesia. Warung kelontong, sebagai salah satu bentuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), menghadapi tantangan besar dalam berkompetisi dengan minimarket yang dikelola oleh jaringan ritel modern pemodal besar. Minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan lainnya menawarkan kenyamanan, kebersihan, dan pilihan produk yang lebih banyak, serta program promosi yang menarik. Hal ini seringkali menarik konsumen, terutama di daerah perkotaan atau pinggiran kota yang dimana mobilitas dan aksesibilitas menjadi faktor penting. Di Kelurahan Kedoya Selatan, banyak penelitian yang secara khusus menganalisis perilaku konsumen pada Warung Kelontong Madura, terutama di tingkat lokal seperti Kelurahan Kedoya Selatan. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan memahami preferensi mereka terhadap Warung Kelontong Madura di Kelurahan Kedoya Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perilaku konsumen pada warung madura cenderung dipengaruhi oleh harga, lokasi, dan nilai sosial budaya lokal sehingga pemilik warung perlu memastikan bahwa produk-produk yang dibutuhkan konsumen selalu tersedia dan mudah diakses. Selain itu, kualitas produk harus dijaga untuk memenuhi harapan konsumen. Layanan yang memuaskan juga penting dalam menciptakan pengalaman belanja yang positif.


Keywords


Perilaku Konsumen; UMKM; Warung Kelontong Madura

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Maming, R., & Altri Wahida. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah.https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/967/544

Anggraeni, H. N., Nurliawati, N., Sufianti, E., & Taryono, O. (2023). Collaborative Strategies in Efforts to Increase the Innovation Index in Cimahi City Government. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(1), 11-28. https://doi.org/10.31113/jia.v20i1.891

Aprianti, F. N., Ravenska, N., Anwar, S., & Pradesa, H. A. (2025). Efektivitas Penerapan Viral Marketing Melalui Instagram Dalam Promosi TIC (Tourist Information Center) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 372–383. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2396

Armilda, R., Wijayanti, R. ., Taufik, N. I. ., & Ravenska, N. (2025). evaluasi program loyalitas berbasis insentif pada outlet indihome by telkomsel regional jabar. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 352–361. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2398

Cahyadi, S. S., & Reni Wijayanti. (2023). Analysis of Entrepreneurial Orientation at Employees of PT. Pertamina Patra Niaga - Bandung Retail Sales Area. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 20(2), 191–197. https://doi.org/10.31113/jia.v20i2.975

Fauzan, A. A. (22 Agustus 2023). Jerih Payah Warung Pertahankan "Detak Jantung" di Era Modern. Diakses 20 September 2024 tirto: https://tirto.id/

Firmansyah Tonda, Muh. Radittya Hanif F, Tuhu Setya Ning Tyas. 2022. Literature Review Determinasi Perilaku Konsumen: Kebudayaan, Sosial Dan Pribadi. JMPIS. Volume 3, Issue 2, Juli 2022 E-ISSN: 2716-375X, P-ISSN: 2716-3768. DOI https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Harjoyudanto, Y.R., Zulvia, P. (2023). Klusterisasi Pelanggan Potensial dengan Penggunaan Algoritma K-Means Dalam Mencari Segementasi Pasar (Studi Kasus GUTS Barber and Shop). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 160-166.

Hidayati, N., Pradesa, H. A., & Agustina, I. (2024). Key determinants of attitudes towards Islamic banks: An exploratory study among Islamic university students. Journal of Enterprise and Development (JED), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.20414/jed.v6i1.8392

Hidayati, N., Hanif, R., Agustina, I., Pradesa, H.A. (2025). Mengungkap Dampak Penting Citra dan Kepercayaan Merek Dalam Mendorong Minat Beli Bensin Shell. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 177-185. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1425

Khoirunnisa, A. ., Maulana, R. R., Taufik, N. I., & Kurniawan, I. (2025). Analisis Rebranding Terhadap Minat Masyarakat Dalam Penggunaan Layanan Ekspedisi PT POS Indonesia. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 5(03), 343–351. https://doi.org/10.69957/grjb.v5i03.2394

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kirana, C. A. D., Ravenska, N., & Fauzi, R. M. (2024). Upaya Mengoptimalkan Peluang Inovasi Digital Bagi Mahasiswa melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding . I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2277–2287. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5264Marbun, M. B., Ali, H., Monroe & Krishnankoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/1134/698

Nuraieni, F. A., Haryanto, N.D., & Pradesa, H. A. (2021). Faktor Penentu Dalam Mendorong Niat Membeli “Odading Mang Oleh”. Jurnal Ekonomi Manajemen, 7 (2), 113–126. https://doi.org/10.37058/jem.v7i2.2735

Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419

Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Pradesa, H.A., Tanjung, H., Agustina, I., Salleh, N.S.N.M.(2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, Vol. 4, No.2, pp. 244 – 260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Permana, B, Zulvia, P. (2023).Peninjauan E-Service Quality Aplikasi PosAja Menggunakan Customer Satisfaction Indeks (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)(Studi Kasus: PT. Pos Indonesia). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 201-208.

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 884-901. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1922

Putri, Keisha & Rommy. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Membeli Sembako Pada Toko Kelontong Surabaya (Kajian Ekonomi Syariah). JoSES: Journal of Sharia Economics Scholar. Volume 2, Nomor 1, Maret 2023, Hal 21-24

Rahayu, T. R. P. ., & Tindaon, S. S. (2024). Penerapan Service Quality Dan Service Recovery Untuk Meningkatkan Customer Satisfaction Pada Hotel Nyland Bandung . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 8570–8579. https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.5637

Rahmah, A., Ravenska, N., Taufik, N. I., & Purba, C. O. (2024). Implementing the PIECES Method in Assessing Debtor Satisfaction with SLIK at the Financial Services Authority (OJK) Office. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(3), 293–301. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.032

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Ruhiyat, R.F., Pradesa, H.A., Novira, A., Wijayanti,R. (2025). Implementation of the Balanced Scorecard for Performance Evaluation at the West Java Provincial Plantation Service. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), Vol. 12, No. 1, 14 – 27. https://doi.org/10.55963/jumpa.v12i1.729

Sabila, S.S., Pradesa, H.A., Zulvia, P., Purba, C.O. (2023). Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) Pada E-Service Quality Pembelian Tiket Kereta Lokal Melalui KAI Access. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 194-200.

Salsabil, H., Ravenska, N., Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2023). Perancangan Brand Strategy Canvas Untuk Meningkatkan Brand Awareness Pada Perusahaan Haircare. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 105-114.

Susiawati, M., Nugraha, H., Priyantoro, A. (2025). Bureaucratic Simplification: Changes in Organizational Structure From Structural to Functional in the Central Java Provincial Government. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 9(1). https://doi.org/10.29040/ijebar.v9i1.16764

Tindaon, S.S., Asty, W.D. (2023). Marketing Mix Strategy to Increase the Product Sales at Flaleeka Creative Industry. Journal of Advanced Management Science Vol. 11, No. 3, pp. 91 – 98.

Wulandari, N. Pradesa, H.A., Zulvia, P., Agustina, I. (2025).Analisis Faktor Tentang E-Service Quality Pada Aplikasi Jakone Mobile. BanKu : Jurnal Perbankan dan Keuangan, Vol.6,No.1.

Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195â €“211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938

Zulvia, P., Haryanto, N.D., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di KOMPAS.COM. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25 (2).

Zumrotul & Siti Achiria. (2019). Dampak Keberadaan Minimarket terhadap Toko Kelontong di Pasar Klampis Kabupaten Bangkalan Madura. Iqtishadia Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Vol.6 No.2 Desember 2019. DOI: 10.19105/iqtishadia.v6i2.2448


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)