Digital Trust dan Krisis Legitimasi Politik: Evaluasi Digital Leadership dalam Inovasi Pelayanan Publik

Novy Setia Yunas

Abstract


Transformasi digital dalam sektor pelayanan publik telah menjadi agenda utama pemerintah dalam merespons dinamika era digital saat ini yang membutuhkan efisiensi, transparansi, dan partisipasi. Berbagai inovasi berbasis teknologi seperti aplikasi layanan publik, kanal aduan berbasis online hingga sistem digitalisasi administrasi telah diimplementasikan di berbagai institusi pusat maupun daerah. Namun demikian, perkembangan tersebut belum secara otomatis menghasilkan peningkatan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintahan. Munculnya jarak (gap) antara kecanggihan teknologi dan persepsi masyarakat terhadap integritas serta akuntabilitas pemimpin publik menunjukkan adanya krisis legitimasi dalam ruang digital. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi peran digital leadership dalam membangun digital trust dan kaitannya dengan legitimasi politik dalam inovasi pelayanan publik. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan studi kasus daerah inovatif, penelitian ini memadukan teori Digital Trust Framework, Teori Legitimasi Politik, dan Digital Leadership. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan digital dibentuk bukan oleh sistem teknologi semata, melainkan oleh gaya komunikasi, etika kepemimpinan, serta keterlibatan publik dalam proses inovasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan digital yang partisipatif dan etis dalam menjawab tantangan legitimasi politik di era transformasi digital sektor publik.


Keywords


Digital Trust; Legitimasi Politik; Digital Leadership; Inovasi Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Sulistyan, R.B., Pramuditha, R. (2023). Telaah Kritis Tentang Konsep Kepercayaan Masyarakat: Peran Serta Tehnologi, Informasi dan Komunikasi. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 182-187.

Alif, S. E. N., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerimaan Pengguna Pada Aplikasi Teman PBB Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 96–103.

Amelinda, S., Aditya Pradesa, H., Syahadat Harahap, A., & Wijayanti, R. (2025). Faktor Penentu Dari Tingkat Penerimaan Pasien Atas Sistem Antrian Online Pada Puskesmas Rancaekek DTP. JMBI : Jurnal Manajemen Bisnis Dan Informatika, 5(2), 134-146. https://doi.org/10.31967/prodimanajemen.v5i2.1387

Beetham, D. (2013). The Legitimation of Power (2nd ed.). Palgrave Macmillan. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-1-349-21599-7

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2024). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches. SAGE Publications, Inc. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-inquiry-and-research-design/book266033#features

Gil-Garcia, J. R., Dawes, S. S., & Pardo, T. A. (2018). Digital government and public management research: finding the crossroads. Public Management Review, 20(5), 633–646. https://doi.org/10.1080/14719037.2017.1327181

Hakim, A. A., Yunas, N. S., & Pohan, I. A. (2023). Triple Disruption dan Percepatan Akselerasi Transformasi Digital di Desa: Studi Inovasi Kebijakan Smart Kampung Banyuwangi. Matra Pembaruan Jurnal Inovasi Kebijakan, 7(2), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.13-23

Kalihva, N. A., Yuwono, T., & Ghulam Manar, D. (2022). Implementasi Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima di DKI Jakarta. Journal of Politic and Government Studies, 12(3), 447–465.

Kurniawan, R. C. (2017). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 10(3), 569–586. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v10no3.794

Margetts, H., & Dunleavy, P. (2013). The second wave of digital-era governance: A quasi-paradigm for government on the Web. Philosophical Transactions of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 371(1987). https://doi.org/10.1098/rsta.2012.0382

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi . Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2800

Nurrahmah, S., & Andikaputra, F. A. T. (2024). Penerapan Aplikasi SIM BARRAYA Pada DISBUDPAR Kabupaten Bandung Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 8 No 1, 142–152

Riegelsberger, J., Sasse, M. A., & McCarthy, J. D. (2005). The mechanics of trust: A framework for research and design. International Journal of Human Computer Studies, 62(3), 381–422. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2005.01.001

Saputro, H. N. (2023). Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik. In Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik (Vol. 26, Issue 1). https://doi.org/10.31845/jwk.v26i1.823

Söllner, M., Hoffmann, A., & Leimeister, J. M. (2016). Why different trust relationships matter for information systems users. European Journal of Information Systems, 25(3), 274–287. https://doi.org/10.1057/ejis.2015.17

Van Wart, M., Roman, A., Wang, X. H., & Liu, C. (2019). Operationalizing the definition of e-leadership: identifying the elements of e-leadership. International Review of Administrative Sciences, 85(1), 80–97. https://doi.org/10.1177/0020852316681446

Yunas, N.S. (2024). Sustainable Leadership dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, Vol. 8, No. 1, pp. 8 – 15.

Yunas, N. S., Susanto, A. H., & Kuswandoro, W. E. (2024). Penguatan Kapasitas Digital Leadership Bagi Aparatur Pemerintah Desa. Surya Abdimas, 8(3), 376-385. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.4887

Yunas, N. S., Mochammad Fauzi Said, Abdul Aziz SR, & Huda, M. (2025). Transformational leadership and catalytic collaboration in village development: Study in Mojokerto, East Java, Indonesia. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 14(2), 108–113. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v14i2.3921


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)