Evaluasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara

Ruhannisa Fauziah Zahro, Ricky Adi Putranto

Abstract


Evaluasi pelatihan merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting dengan proses pelatihan/pendidikan. Keberhasilan program kegiatan pembelajaran ditentukan dengan adanya evaluasi program baik secara internal maupun eksternal untuk mengukur keefektifan hasil pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelatihan khususnya program pelatihan kepemimpinan pengawas pada PUSLATBANG PKASN LAN Sumedang. Evaluasi pelatihan merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting dengan proses pelatihan/pendidikan. Keberhasilan program kegiatan pembelajaran ditentukan dengan adanya evaluasi program baik secara internal maupun eksternal untuk mengukur keefektifan hasil pelatihan. Untuk mengetahui hasil evaluasi pelatihan, peneliti menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini merupakan penelitian dengan kategori deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Triangulasi yang digunakan teknik triangulasi sumber.   Hasil penelitian Evaluasi Pelatihan Kemimpinan Pengawas menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP) pada PUSLATBANG PKASN LAN Sumedang secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih adanya beberapa yang perlu di perbaiki terkait kelayakan materi, sarana dan prasarana, jadwal kegiatan, kinerja penyelenggara dan kinerja widyaiswara guna  menghasilkan program yang lebih baik untuk kedepannya.


Keywords


Evaluasi Pelatihan, Pelatihan Kepemimpinan Pengawas, Model CIPP

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., & Harijanto, D. (2022). Determinan Perilaku Proaktif Pegawai Ditinjau Dari Persepsi Dukungan Organisasi, Keadilan Distributif Serta Keadilan Prosedural. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 102–120. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1109

Agustina, I., Pradesa, H. A., & Putranto, R. A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 4(2), 218–235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Fristasya, A., & Supriatna, M. D. (2024). Pengembangan Standar Kompetensi Jabatan Sales Marketing Pada Perusahaan Dagang Kain PT X. Jurnal Ilmiah Edunomika, 8(2), 1–8.

Ghozali, I., Iswati, S., & Adam, S. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Di Pt.Pertamina Lubricant Jakarta. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 211. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1094

Harijanto, D., Dharmanegara, I. B. A., Pradesa, H. A., & Tanjung, H. (2022). Do Distributive Justice Really Make Public Officers Feels More Obligated in Their Job ? Innovation Business Management and Accounting Journal, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.56070/ibmaj.v1i1.1

Mawarni, S. R., & Supriatna, M. D. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Pembinaan dan Latihan Calon Anggota Polri di Polrestabes Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi Vol 7 No 1, 420–426.

Mugiarto, M., Agustina, I., & Suryaman, W. (2023). Adopsi Teknologi Aplikasi Aset Dan Kompetensi Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Pengelolaan Barang Milik Negara Di Sopd Kota Cimahi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 4823–4835.

Pradesa, H. A., Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Septian, I. (2023). Studi Empiris Tentang Kompetensi Auditor Dalam Melakukan Fungsi Audit Internal Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 81–91.

Putranto, R. A., Dawud, J., Pradesa, H. A., Harijanto, D., & Dharmanegara, I. B. A. (2022). Manajemen Talenta Pada Sektor Publik : Sebuah Studi Literatur Serta Arah Model Kajian Untuk Masa Depan. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(2), 176–211.

Putranto, R. A., Setiajatnika, E., & Fahmi, I. (2018). The Effect of Public Service Motivation and Job Satisfaction on Public Officers’ Performance through Commitment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1422–1435. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i12/5247

Salsadila, D. A., Listiani, T., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859.

Simanjutak, E., & Rahadi, D. R. (2020). Analisis Kompetensi Karyawan Dalam Mendukung Pelayanan Prima (Studi Pada Frontliner BCA KCP Metro Jababeka). Stability: Journal of Management & Business, 3(2), 8–13.

Sofiani, N. F., & Supriatna, M. D. (2023). Village Administrators’ Quality of Work: Evaluation and Improvement. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(1).

Srikanth, P. B. (2019). Developing human resource competencies: an empirical evidence. Human Resource Development International, 22(4), 343–363. https://doi.org/10.1080/13678868.2019.1605580

Utami, I. R., Putranto, R. A., & Agustina, I. (2022). Strengthening Public Service Motivation with Spiritual Leadership : An empirical Study of Public Organizations in East Java. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 12(4), 338–351.

Wijaya, N. P., & Supriatna, M. D. (2022). The Implementation of Kirkpatrick Evaluation Model in Financial Management Training. Enrichment: Journal of Management, 12(5), 3506–3514.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)