Penggunaan Produk Dalam Negeri Secara Berkelanjutan Melalui Optimalisasi Lelang UMKM Berbasis Teknologi

Desiana Limbong Rara

Abstract


Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengggunaan produk dalam negeri salah satunya diupayakan melalui Program Lelang Produk UMKM yang diinisiasi oleh Pemerintah melalui DJKN pada Kementerian Keuangan, yang merupakan upaya strategis untuk terus mendukung penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan memperluas akses pasar bagi Pelaku UMKM di Indonesia. Meskipun program ini sebelumnya telah menunjukkan beberapa capaian positif sejak peluncurannya pada Tahun 2021, namun masih terdapat kurangnya partisipasi UMKM dan nilai pokok lelang yang mengalami fluktuasi secara signifikan. Tantangan utama yang dihadapi meliputi rendahnya literasi digital di kalangan pelaku UMKM, keterbatasan akses teknologi dan internet, serta kompleksitas prosedur administrasi yang menghambat partisipasi yang lebih luas. Untuk mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan efektivitas program, Pemerintah dhi. DJKN disarankan untuk mengadopsi langkah-langkah strategis seperti peningkatan dan optimalisasi infrastruktur teknologi informasi, penyederhanaan prosedur administrasi, penyediaan insentif, dan edukasi serta pelatihan bagi pelaku UMKM. Kolaborasi pemerintah pusat, pemerintah daerah dan asosiasi UMKM juga diperlukan untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran tentang manfaat platform lelang. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi UMKM dalam lelang, memperkuat kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan penggunaan Produk Dalam Negeri.


Keywords


lelang, lelang berbasis teknologi, produk UMKM

Full Text:

PDF

References


Bakos, Y. (1998). "The Emerging Role of Electronic Marketplaces on the Internet." Communications of the ACM, 41(8), 35-42.

Beck, T., Demirguc-Kunt, A., & Maksimovic, V. (2005). "Financial and Legal Constraints to Growth: Does Firm Size Matter?" The Journal of Finance, 60(1), 137-177.

Dini, A. (2021). Shopee's Strategy to Empower SMEs through Digital Marketplace. Journal of Digital Business, 15(2), 45-56.

Harvie, C., & Ching Tang, Y. (2010). Small and Medium Enterprises in East Asia: Sectoral and Regional Dimensions. Edward Elgar Publishing.

Indarsyah, R., Rahman, A. ., Putrianti, S. D. ., & Taufik, N. I. . (2023). Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7471–7487. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2790

Kementerian BUMN. (2023). PaDi UMKM: Transforming SME Access to BUMN Markets. Retrieved from Kementerian BUMN.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2020). Laporan Tahunan UMKM Indonesia.

Klemperer, P. (2004). Auctions: Theory and Practice. Princeton University Press.

Krishna, V. (2009). Auction Theory. Academic Press.

Lucking-Reiley, D. (2000). "Auctions on the Internet: What's Being Auctioned, and How?" Journal of Industrial Economics, 48(3), 227-252.

Levitsky, J. (1996). "Support Systems for SMEs in Developing Countries: A Review." International Small Business Journal, 14(1), 31-40.

Lucking-Reiley, D. (2000). "Auctions on the Internet: What's Being Auctioned, and How?" Journal of Industrial Economics, 48(3), 227-252.

McAfee, R. P., & McMillan, J. (1987). "Auctions and Bidding." Journal of Economic Literature, 25(2), 699-738.

Mutmainah, A.S., Handaru, J.R., Desthantri, D., Alif, S.E.N., Pradesa, H.A. (2024). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8 (2), 1526-1538. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24059

Myerson, R. B. (1981). "Optimal Auction Design." Mathematics of Operations Research, 6(1), 58-73.

Prihadi, D. (2022). Tokopedia and Its Role in Boosting SME Sales. E-Commerce Insights, 7(4), 112-124.

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Schmitz, H. (1982). "Growth Constraints on Small-Scale Manufacturing in Developing Countries: A Critical Review." World Development, 10(6), 429-450.

Tambunan, Tulus T.H. (2008). Development of Small and Medium Enterprises in Indonesia from the Asia-Pacific Perspective. Jakarta: LP3ES.

Tambunan, Tulus T.H. (2011). Development of Small and Medium Enterprises in ASEAN Countries. New Delhi: Readworthy.

Tindaon, S.S. (2023).Edukasi dan Pelatihan Dasar Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro Garut. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol Pp. 3330 – 3338

Wibowo, S. (2022). Digital Transformation in Public Sector: Case Study of PaDi UMKM. Public Policy Journal, 11(3), 89-101.

https://umkm.kompas.com/read/2022/10/04/114214883/pemerintah-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-di-2024

https://webassets.bcg.com/43/3b/7d31d2894e3d8564f7acb755b41b/whitepaper-menciptakan-pertumbuhan-inklusif-melalui-digitalisasi-umkm-di-indonesia.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)