Evaluasi Pelatihan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di Provinsi Jawa Barat menggunakan Metode CIPP

Anggita Audia Chandra Atmaja, Sabar Gunawan

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi tantangan dalam pelaksanaan Program Pelatihan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di BPSDM Provinsi Jawa Barat menggunakan metode evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Beberapa masalah utama yang diidentifikasi termasuk desain pelatihan yang kurang fleksibel, metode pembelajaran yang monoton dan lebih menekankan teori daripada praktik, serta durasi pelatihan yang terbatas, yang mengurangi efektivitasnya. Instrumen evaluasi dinilai tidak komprehensif, sehingga tidak memberikan gambaran akurat tentang pemahaman dan keterampilan peserta. Faktor eksternal seperti beban kerja yang tinggi juga mempengaruhi partisipasi dan pemahaman peserta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis dokumen untuk menilai efektivitas pelatihan. Hasilnya menunjukkan bahwa pelatihan blended learning lebih efektif dibandingkan full e-learning, meskipun keduanya menghadapi kritik terkait kurangnya variasi dalam pembelajaran dan minimnya kesempatan praktik langsung. Ketidakpuasan peserta terhadap kualitas pengajar dan infrastruktur pelatihan juga menjadi perhatian. Kesimpulan penelitian ini menyoroti perlunya metode pembelajaran yang lebih variatif dengan fokus pada praktik langsung, peningkatan kualitas pengajar, dan pengembangan instrumen evaluasi yang lebih komprehensif. Pengurangan beban kerja peserta diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pelatihan di masa depan dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pelatihan teknis di sektor pemerintahan.


Keywords


Training, evaluation, CIPP

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Pradesa, H.A., Putranto, R.A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap), 4 (2), 218-235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Amaliah, Mukhlisahtul., Hafiar, Hanny., Dewi, Retasaro. (2023). Analisis Aksesibilitas Website Pemerintah Provinsi Indonesia Sebagai Implementasi Corporate Digital Responsibility terhadap EGovernment St. Vol. 7, No. 2, Oktober 2023, Hal 473-486

Ambiyar, Muharika D. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Amumpuni, R. S., Hartono, R., Rukmini, D., & Haryanti, R. P. (Tahun). Keefektifan model pembelajaran blended learning melalui e- learning UNIPMA (eLMA) (Vol. 5 No. 1 (2022)

Anwar, S., Pradesa, H.A., Ahmad, F. (2022).Testing Military Professionalism Construct: An Empirical Evidence From Indonesian Army (Case On Batallion Arhanud 2/ABW/2 Kostrad Malang). Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021, September 15 2021, Bandung, Indonesia. http://dx.doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315242

Arimurti, Paramesti Novira., Hapsari, Septiana Wulan., Oktavianingtias, Erika., dkk. (2020). Corporate University Sebagai Pengembangan Diklat Dalam Upaya Meningkatan Kemampuan Sdm Berkualitas. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), Vol. 4, No. 2, Oktober 2020

Awaluddin. (2021). Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies Volume 2, Nomor 2, April 2021 Journal Homepage: n

Bates, R. (2004). A critical analysis of evaluation practice: the Kirkpatrick model and the principle of beneficence. Evaluation and Program Planning, 27(3), 341-347.

Daryanto, Bintoro. (2014). Manajamen Diklat, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Diharja, Umar., Machrawinayu, Isnaeni., & Ritonga, M. Ghassan Arrafi. (2023). Evaluasi Model CIPP dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran pada Program Kampung Cambridge Mutiara Cendekia. Jurnal Basicedu Vol 7 No 6 Tahun 2023, DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6. 6580

Goodwin, W. L., Driscoll, L. A. (1980). Handbook for Measurement and Evaluation in Early Childhood Education. Rusia: Jossey- Bass Publishers.

Harahap, Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Iflah, M., Sedarmayanti, S., & Listiani, T. (2022). Model Evaluasi Pasca Pelatihan Pejabat Inti Satuan Kerja Bidang Jalan dan Jembatan di Balai Diklat Wilayah IV Kementerian PUPR. Jurnal Media Administrasi Terapan, 2(2), 95–101. https://doi.org/10.31113/jmat.v2i2.20

Iswan. (2021). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Izzati, U. A., & Mulyana, O. P. (2019). Psikologi Industri & Organisasi. Surabaya: Bintang.

Listiani, T., Salsadila, D. A., Pradesa, H. A., & Maasir, L. (2023). Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5848–5859. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.3111

Marnis, Priyono. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: ZIFATAMA PUBLISHER.

Pradesa, H. A. (2018). Peran Komitmen Afektif Dalam Memperkuat Dampak Dari Dimensi Iklim Kerja Etis Terhadap Perasaaan Berkewajiban Pegawai. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 16–29. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.21

Pradesa, H. A., Taufik, N. I., & Novira, A. (2018). Isu Konseptual Tentang Perasaan Berkewajiban (Felt Obligation) Individu Dalam Perspektif Kerangka Pertukaran Sosial. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30741/wiga.v8i1.231

Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707

Pradesa, H. A., Agustina, I., Sulistyan, R. B., & Rusdianti, I. S. (2023). Studi Empiris Tentang Kompetensi Auditor Dalam Melakukan Fungsi Audit Internal Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 10(1), 81-91. https://doi.org/10.35838/jrap.2023.010.01.08

Putranto, R. A., & Anwar, S. (2021). Tinjauan Empiris Motivasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi: Sebuah Studi Pada Aparatur Sipil Negara di Bandung. Progress Conference, 4(1), 424–431. Retrieved from http://proceedings.itbwigalumajang.ac.id/index.php/progress/article/view/393.

Sedarmayanti, H., & Gunawan, S. (2020). Perencanaan, Pemantauan dan Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Refika Aditama.

Suastini, N. N., Wisarja, I. K., & Suparwati, N. P. (2024, April 30). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Peguyangan. ADI WIDYA, Volume(9), DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v9i1.3557

Suryadin, A., Purnama Sari, W., & Nurfitriani. (2022). Evaluasi Program Model CIPP (Context, Input, Process, and Product) antara Teori dan Praktiknya. (n.p.). Yogyakarta: Samudra Biru.

Prasodjo. (2020). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Rossett, A. (1987). Training Needs Assessment: Methods, Tools, and Techniques. New Jearsey: Berrett-Koehler Publishers.

Sugiyono. (2002). Manajemen Diklat. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, M. D. (2020). Knowledge sharing activities among public sector employees: Evidence from Indonesia. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 121–134. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6686

Tsauri. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press.

Wijaya, N.P., Supriatna, M.D. (2023). The Implementation of Kirkpatrick Evaluation Model in Financial Management Training. Enrichment: Journal of Management, Vol. 12, No. 5, pp. 3506-3514.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)