Analisis Sistem Penilaian Kinerja Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Rudi Rohmattulloh, Galuh Pancawati

Abstract


Sumber daya manusia merupakan aset penting dalam organisasi. Pengelolaan SDM berpengaruh pada bagaimana organisasi digerakkan. Salah satu bagian dalam pengelolaan SDM adalah penilaian kinerja pegawai. Penilaian kinerja yang terukur berpengaruh pada efektivitas dan kinerja organisasi secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses penilaian PPNPN di BNPB. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan terhadap penilaian kinerja yang dilakukan, tidak ditemukan adanya  keterbukaan dalam diseminasi hasil penilaian kinerja karyawan dan tindak lanjut hasil penilaian kinerja karyawan membuat karyawan bekerja tidak maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kualitatif yang menekankan pada analisis atau diskriptif, dengan tujuan menjelaskan suatu fenomena secara mendalam dan dilakukan dengan mengumpulkan data secara mendalam. Teknik yang digunakan adalah indepth interview dan pengumpulan data dan dokumen. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian Analisis Sistem Penilaian Kinerja Non PNS di Lingkungan Kerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana menemukan bahwa pelaksanaan penilaian kinerja dengan menggunakan sistem pusat asesmen sebagai berikut: 1). Pelaksanaan tes psikometri dilakukan sesuai dan dengan penetapan yang berlaku bekerjasama dengan tim Psikologi dari Universitas Indonesia. 2). Wawancara tidak dilakukan karena faktor anggaran dan waktu. 3). Pelaksanaan umpan balik multi asesor masih dianggap kurang obyektif dalam pelaksanaannya karena terkait dengan keberadaan PPNPN yang dibawa oleh kepala unit kerja. Terdapat beberapa bias yang terjadi ketika melakukan penilaian kinerja, yang diharapkan bisa diperbaiki di penilaian periode selanjutnya. 


Keywords


Kinerja Pegawai, Penilaian Kinerja, Pegawai Non PNS

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Pradesa, H.A., Putranto, R.A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap), 4 (2), 218-235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Agustina, I., & Harijanto, D. (2022). Determinan Perilaku Proaktif Pegawai Ditinjau Dari Persepsi Dukungan Organisasi, Keadilan Distributif Serta Keadilan Prosedural. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), 102-120. https://doi.org/10.32815/jpro.v3i1.1109

Anisah dkk, 2017 : Prosedur Penilaian Kinerja Operator Deprartemen Produksi Pada PT. Martina Berto Tbk. Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Insani. 2 (1) 95-104.

Armstrong, M., & Taylor, S. (2014). Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed.). Kogan Page Publishers.

Barney, J. (1991). "Firm Resources and Sustained Competitive Advantage." Journal of Management, 17(1), 99-120.

Bintoro, Daryanto. 2017 : Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. PT. Gava Media, Anggota IKAPI Yogyakarta.

Bungin, Prof. Dr. Drs Burhan, 2003 : Analisis Data Penelitian Kualitatif, PT. Raja Gafindo Persada, Jakarta.

Chusminah, Haryati. R.A 2019 : Analisis Penilaian KinerjaPegawai Pada Bagian Kepegawaian dan Umum Direktorat Jenderal P2P Kementerian Kesehatan. Widya Cipta Jurnal, 3 (1), 61-70.

Dessler, G. (2017). "Human Resource Management." Pearson Education.

Dyah Ayu Lestari, 2006 : Penciptaan Sistem Penilaian Kienrja Yang Efektif dengan Assessment Center, Magistes Sains FE UGM Yogyakarta, Jurnal Manajemen, Vo. 6, No.1.

Fahmi Irham, 2016 : Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep & Kunci. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Filip Lievens, 2019 : Assessment Center : A Tale About Dimensions, Exercise, and Dancing Bear. Institutional Knowledge at Singapore Managemeny University.

Fitriani, L., Kurniawan, I. (2022). Hubungan Gaya Kepemimpinan Parental Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Di Kota Bandung. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 6 (1), 274-279.

Grote, D. (2011). How to be Good at Performance Appraisals: Simple, Effective, Done Right. Harvard Business Review Press.

Kirana, C.A.D., Harahap, A.S. (2022).Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (1), 159-166. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Leslie Rae, 2005 : The Art Of Training and Development – Effective Planning. PT. Gramedia, Jakarta .

Mashur, S., Giyanto, B., & Sutrisno, E. (2023). Competence-based recruitment of non civil servant state employees for the internal security division, secretariat general of the house of representatives of the republic of indonesia. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(01), 86-97. https://doi.org/10.30996/dia.v21i01.7605

Meiring Deon, Anne Buckett. 2015 : Best Practice Guidelines For Use Of the Assessment Center Method in Sout Africa (5th Edition). Aosis. Johannesburg. South Africa

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Prawirosentono, Suyadi. 1999. Manajemen sumber Daya Manusia ( Kebijakan Kinerja Karyawan), Kiat membangun Organisasi Kompetitif menjelang Perdagangan Bebas Dunia, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE

Nursam Nasrullah, 2017 : Manajemen Kinerja. Kelola Journal Of Islamic Education Management. Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Pradesa, H. A. (2018). Peran Komitmen Afektif Dalam Memperkuat Dampak Dari Dimensi Iklim Kerja Etis Terhadap Perasaaan Berkewajiban Pegawai. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 16–29. https://doi.org/10.32812/jibeka.v12i2.21

Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707

Rahadi, Dr. Dedi Rianto 2010 : Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia, Tunggal Mandiri Publishing, Malang- Jawa Timur.

Supriatna, M. D. (2020). Knowledge sharing activities among public sector employees: Evidence from Indonesia. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 121–134. https://doi.org/10.31106/jema.v17i2.6686

Surya Perdana dkk, 2021 : Analisis Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Berhaviorally Anchor Rating Scale (BARS) dan Managemet By Objective (MBO) di CV. Brilliant. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA Vo. 5 No. 3

Sutrisno, E. (2020). Civil servants management reform in west java province: A case study. Jurnal Good Governance, 16 (1), 1 – 7.

Trisnowati, D., Asropi, A., & Sutrisno, E. (2023). Remuneration Model for Health Workers in A State University Hospital (Case Study at The University of Indonesia Hospital). Quantitative Economics and Management Studies, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.35877/454RI.qems2125

Turiasih, E. ., Asropi, A., & Sutrisno, E. . (2024). Competency Development for Animal Handlers : Human Resource Perspective . International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 5(2), 1406–1422. https://doi.org/10.37385/ijedr.v5i2.4893


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)