Peran Metode Telemarketing Dalam Mendorong Kepuasan Peserta Program Taspen Dwiguna Sejahtera Pada PT. Taspen KC Bandung
Abstract
Kemajuan teknologi informasi memaksa perusahaan beradaptasi dan melakukan perubahan cara kerja. Seiring dengan perkembangan ini, kegiatan pemasaran program asuransi jiwa yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka secara langsung, kini mulai beralih menggunakan metode telemarketing. Namun, evaluasi dan pengukuran terhadap efektivitas kegiatan telemarketing perlu dilakukan untuk memastikan kepuasan peserta program terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persepsi peserta program Taspen Dwiguna Sejahtera terhadap penerapan metode telemarketing di PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Bandung, serta peran metode telemarketing terhadap kepuasan peserta, melalui penyebaran kuesioner kepada 90 responden peserta program Taspen Dwiguna Sejahtera, penelitian dilaksanakan selama periode Agustus hingga Desember 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan telemarketing program Taspen Dwiguna Sejahtera, responden memberikan nilai dengan kategori cukup. Sedangkan, pada variabel kepuasan peserta, diperoleh kategori cukup. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Metode Telemarketing terhadap Kepuasan Peserta program Taspen Dwiguna Sejahtera. Berdasarkan hasil penelitian, penulis merekomendasikan kepada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Bandung untuk meningkatkan metode telemarketing dalam program Taspen Dwiguna Sejahtera dengan memperbaiki aspek-aspek yang masih dinilai cukup setuju oleh peserta supaya kedepannya bisa dinilai setuju atau sangat setuju.
Kata Kunci: Metode telemarketing, Kepuasan Peserta, Taspen Dwiguna Sejahtera.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567
As-Sajjad, M. D., Agustina, I., & Wiradiputra, I. A. (2023). Assessing Technical, Functional And Image Aspects Of Service Quality And Their Impact On Citizen Satisfaction. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 7(2), 173–188. https://doi.org/10.30741/adv.v7i2.1215
Azzahra,S., Wijayanti, R. (2023). Strategy of Population Administration Services in Bojongloa Kaler District During Covid-19 Pandemic. Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), pp. 102-111.
Fithrah Harahap, M. R., & Syahriza, R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Sun Life Financial Cabang Kota Medan. PRAJA Observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e- ISSN: 2797-0469), 1(04), 10–16. Retrieved from https://aksiologi.org/index.php/praja/article/view/323
Hanartani, R., & Maswir. (2017). Penerapan Strategi Promosi Melalui Sistem Telemarketing (Studi Kasus: Pameran Bandung INAFACT 2017). Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 98–103.
Hanif, R. (2022). Menentukan Loyalitas Pengguna Shopeepay Berdasarkan User Experience dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.969
Hanif, R., Sidi, A.P., Annisa, A.R.(2024).Model Aida Pada Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8 (1), 19-33. http://doi.org/10.25273/capital.v8i1.19931
Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003
Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200
Hidayati, N., Pradesa, H. A., & Agustina, I. (2023). Key determinants of attitudes towards Islamic banks: An exploratory study among Islamic university students. Journal of Enterprise and Development (JED), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.20414/jed.v6i1.8392
Indarsyah, R., Rahman, A. ., Putrianti, S. D. ., & Taufik, N. I. . (2023). Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7471–7487. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2790
Mariani, & Atmojo, J. T. (2019). Pengaruh Kualitas Komunikasi Telemarketing PT. Asuransi XYZ Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Mendapatkan Informasi Nasabah Asuransi Kesehatan X di Jakarta. Jurnal Visi Komunikasi, 18(01), 78–92.
Nikmatullah, H. R. ., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. . (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655.
Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015
Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.
Rahmah, A., Ravenska, N., Taufik, N. I., & Purba, C. O. (2024). Implementing the PIECES Method in Assessing Debtor Satisfaction with SLIK at the Financial Services Authority (OJK) Office. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(3), 293–301. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.032
Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133
Silalahi, R. R., Prihatiningsih, W., & P, R. L. M. B. (2018). Hubungan Antara Komunikasi Telemarketing Asuransi Dengan Sikap Calon Pelanggan Terhadap Telemarketer. Journal of Communication Studies, 3(2).
Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.
Tindaon, S.S. (2023).Edukasi dan Pelatihan Dasar Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro Garut. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol Pp. 3330 – 3338.
Tindaon, S.S., Asty, W.D. (2023). Marketing Mix Strategy to Increase the Product Sales at Flaleeka Creative Industry. Journal of Advanced Management Science Vol. 11, No. 3, pp. 91 – 98.
Wijayanti, R., Ravenska, N., & Nugroho, A. (2022). Business Model Innovation with Design Thinking Approach at Bumdes Pagerwangi. Proceedings of the Third International Conference Administration Science, ICAS 2021. https://doi.org/10.4108/eai.15-9-2021.2315259
Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195â €“211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796
Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)