Model Evaluasi Kirkpatric untuk Mengevaluasi Program Pelatihan di PUSDIKLAT Ir. H. Djuanda PT. KAI

Meisifa Nurfadilah, Septiana Dwiputrianti, Edah Jubaedah, Tetty Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan di Pusdiklat Ir. H. Djuanda PT KAI dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick, khususnya pada level 1 (Reaction). Evaluasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan hambatan dalam pelaksanaan evaluasi pelatihan, serta memberikan rekomendasi perbaikan yang dibutuhkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi dokumentasi. Temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun evaluasi pada tahap penentuan aspek sudah sesuai dengan pedoman yang berlaku, namun masih terdapat kekurangan signifikan pada tahap pembuatan alat evaluasi, analisis, dan pelaporan. Kebijakan yang belum diperbarui dan kurangnya keterlibatan manajemen dalam proses evaluasi mengakibatkan hasil evaluasi yang kurang optimal dan tindak lanjut yang tidak efektif. Keterlambatan dokumen penting juga menjadi hambatan utama dalam pelaporan hasil evaluasi. Kebaharuan dari penelitian ini terletak pada analisis mendalam terhadap implementasi model evaluasi Kirkpatrick di lingkungan pelatihan PT KAI, dengan fokus pada identifikasi kelemahan operasional yang spesifik dan penyusunan rekomendasi perbaikan. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup perlunya pembaruan kebijakan dan alat evaluasi, serta peningkatan keterlibatan manajemen dalam seluruh tahapan evaluasi untuk memastikan efektivitas pelatihan. Penelitian ini juga menyarankan alokasi waktu yang lebih memadai untuk analisis hasil evaluasi dan perlunya evaluasi yang lebih komprehensif pada level yang lebih tinggi (behavior dan impact). Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperluas cakupan ke unit pelatihan lain dan menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur efektivitas pelatihan secara lebih luas.


Keywords


Training Evaluation; Kirkpatrick Model; Human Resource Development; Pusdiklat Ir. H. Djuanda,; PT KAI, Program Evaluation; Learning; Behavior; Reaction, Results..

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2022). Metode penelitian kualitatif. Syakir Media Press. https://doi.org/10.31219/osf.io/juwxn

Agustina, I., Pradesa, H.A., Putranto, R.A. (2021). Peran Dimensi Motivasi Pelayanan Publik Dalam Meningkatkan Komitmen Afektif Pegawai. Jurnal Ekonomi, Manajemen Akuntansi dan Perpajakan (Jemap), 4 (2), 218-235. https://doi.org/10.24167/jemap.v4i2.3237

Ansory, A. F., & Indrasari, M. (2018). Manajemen sumber daya manusia (1st ed.). Indomedia Pustaka. www.indomediapustaka.com

Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen diklat. Penerbit Gava Media.

Fristasya, A., Supriatna, M.D. (2024). Pengembangan Standar Kompetensi Jabatan Sales Marketing Pada Perusahaan Dagang Kain PT X. Jurnal Ilmiah Edunomika, Vol. 8, No. 2, 1 – 8.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif (Hasan, Sazali, Ed.; 1st ed.). Wal Ashri Publishing.

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen sumber daya manusia (Edisi revisi). PT Bumi Aksa.

Herwina, W. (2021). Analisis model-model pelatihan (Bayfa Cendekia Tim, Ed.; Pertama). CV. Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=d8EpEAAAQBAJ

Kawidjaya, S. P., Nugroho, A. B., Pradesa, H. A., & Taufik, N. I. (2023). Persepsi Atas Kualitas Sistem Dan Informasi Dalam Mendorong Kepuasan Pengguna Sistem BJB Greens. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7775–7788. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2548

Kirana, C.A.D., Harahap, A.S. (2022).Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9 (1), 159-166. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2007). Implementing the four levels: A practical guide for effective evaluation of training programs (1st ed., Vol. 1). Berret-Koehler.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2008). Evaluating training programs: The four levels (3rd ed.). Berrett-Koehler Publishers. https://www.google.co.id/books/edition/Evaluating_Training_Programs/4rYs1wnyUHUC?hl=id&gbpv=1

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. D. (2016). Kirkpatrick’s four levels of training evaluation. ATD Press. https://www.google.co.id/books/edition/Kirkpatrick_s_Four_Levels_of_Training_Ev/mo--DAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Mashur, S., Giyanto, B., & Sutrisno, E. (2023). Competence-based recruitment of non civil servant state employees for the internal security division, secretariat general of the house of representatives of the republic of indonesia. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(01), 86-97. https://doi.org/10.30996/dia.v21i01.7605

Noe, R. A. (2010). Employee training and development (Gordon Brent, Ed.; 5th ed.). McGraw-Hill/Irwin.

Nugraha, F. (2020). Pendidikan dan pelatihan: Konsep dan implementasi dalam pengembangan sumber daya manusia. LITBANGDIKLAT Press. https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/assets_front/pdf/1607751597Perbaikan_Konsep_dan_Implementasi.pdf

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Wijayati, I., Y. (2023). Pelaksanaan Review Kerangka Kerja Manajemen Risiko Pada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (3), 330 – 343.

Pradesa, H.A., Tanjung, H., Agustina, I., Salleh, N.S.N.M.(2023). Increasing Proactive Work Behavior Among Teachers in Islamic Senior High School: The Role of Ethical Work Climate and Perceived Organizational Support. International Journal of Islamic Educational Psychology, Vol. 4, No.2, pp. 244 – 260. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.19911

Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707

Pradesa, H.A., Tanjung, H. (2021). The Effect of Principal’s Spiritual Leadership Dimension on Teacher Affective Commitment. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (3), 69 – 81. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i3.2678

Sofiani, N.F., Supriatna, M.D. (2023). Improvement Strategy to Increase Village Administrator Quality of Work. Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), pp. 137 – 143.

Sofiani, N.F., Supriatna, M.D. (2023). Village Administrators’ Quality of Work: Evaluation and Improvement. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), Vol. 7, No.1, pp. 1 – 10.

Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205

Sabila, S.S., Pradesa, H.A., Zulvia, P., Purba, C.O. (2023). Penerapan Importance Performance Analysis (IPA) Pada E-Service Quality Pembelian Tiket Kereta Lokal Melalui KAI Access. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 7 (1), 194-200.

Sofiani, N., & Riani, A. (2021). Rancangan Sistem Pengendalian Manajemen Menggunakan Metode Six Sigma di Digital Innovation Lounge (dilo) Bandung. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(2), 16-25. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.836

Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 424-428. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)