Adaptasi Finansial Teknologi Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Industri Ekonomi Lokal

Chatrine Indah Faradina, Annas Dzaky Prihandhika

Abstract


Persaingan usaha pada industri ekonomi lokal kian meningkat. Melalui teknologi, internet hadir sebagai katalisator peningkatan daya saing industri ekonomi lokal. Keberadaanya yang memiliki banyak manfaat menyebabkan industri ekonomi lokal harus beradaptasi khususnya dengan finansial teknologi. Finansial teknologi ini diyakini dapat membentuk pelaku industri ekonomi lokal dalam memperluas jangkauan pasarnya hingga perluasan kesejahteraan melalui dampak UMKM yang salah satunya ialah sebagai lapangan pekerjaan. Akan tetapi, di samping manfaatnya yang beragam, keberadaan teknologi juga dapat menjadi tantangan bagi para pelaku industri ekonomi lokal diantaranya ialah terbatasnya akses digital, ketergantungan teknologi, dan isu kebocoran data sehingga diperlukan intervensi pemerintah untuk mewujudkan ekosistem digital yang kondusif dalam rangka mendukung adaptasi finansial teknologi sebagai strategi peningkatan daya saing industri ekonomi lokal. Penelitian ini ditulis menggunakan metode penelitian cross sectional dengan mengumpulkan data melalui survey literatur dengan mengumpulkan data dan sumber tertulis seperti artikel jurnal, penelitian terdahulu, laporan, serta jurnal yang relevan dengan penelitian ini dimana metodologi ini digunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam menganalisis adaptasi finansial teknologi sebagai strategi peningkatan daya saing industri ekonomi lokal di Indonesia.

Kata Kunci: Teknologi, Industri Ekonomi Lokal, UMKM


Keywords


Teknologi, Industri Ekonomi Lokal, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2024, 07 10). Pertumbuhan Jumlah UMKM Indonesia sampai 2023. Diambil kembali dari databoks: https://databoks.katadata.co.id/datap ublish/2024/07/10/pertumbuhan- jumlah-umkm-indonesia-sampai-2023

Agustina,I., Ajis, M.N.B., Pradesa, H.A.(2021).Entrepreneur’s perceived risk and risk-taking behavior in the small-sized creative businesses of tourism sector during COVID-19 pandemic. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, 18 (2), 187-209. http://dx.doi.org/10.31106/jema.v18i2.12563.

Agustina, I., & Pradesa, H.A. (2020). Gender Differences in Risk Taking Among Entrepreneurs : Case on Small Medium Enterprise in Malang: English. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(2), 63-72. https://doi.org/10.22225/wmbj.2.2.2020.63-72

APJII. (2023, 03 10). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Diambil kembali dari apjii.or.id: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia- tembus-215-juta-orang

BADAN PUSAT STATISTIK. (2023, 09 15). KemenKopUKM Gandeng BPS Lakukan Pendataan Lengkap Koperasi dan UMKM 2023. Diambil kembali dari www.bps.go.id:

https://www.bps.go.id/id/news/2023/ 09/15/533/kemenkopukm-gandeng- bps-lakukan-pendataan-lengkap-

koperasi-dan-umkm-2023.html

BINUS UNIVERSITY GRADUATE PROGRAM. (2024, Februari 26). Membangun Ekosistem Digital yang Menyentuh UMKM di Pelosok Negeri. Diambil kembali dari graduate.binus.ac.id.

Firdaus, A. (2024, Juni 27). Kasus Kebocoran Data Pribadi di Indonesia: 10 Kejadian Terbesar yang Perlu Diketahui. Diambil kembali dari www.mwdcom.id: https://www.medcom.id/teknologi/ne ws-teknologi/8koPDdWK-kasus- kebocoran-data-pribadi-di-indonesia- 10-kejadian-terbesar-yang-perlu-diketahui

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Judijanto, L., Sandy, S., Yanti, D. R., Kristanti, D., & Hakim, M. Z. (2023). pengembangan usaha kecil menengah (ukm) berbasis inovasi teknologi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Communnity Development Journal, 12500-12507.

Kirana, C. A. D., Ravenska, N., & Fauzi, R. M. (2024). Upaya Mengoptimalkan Peluang Inovasi Digital Bagi Mahasiswa melalui Pelatihan dan Pendampingan Digital Branding . I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2277–2287. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5264

KOMINFO. (2022, 01 26). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. Diambil kembali dari www.kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/d etail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia- membaik/0/artikel

MEDIANA. (2024, Juni 3). Kemenkominfo Tangani 111 Kasus Kebocoran Data Pribadi Sepanjang 2019-2024. Diambil kembali dari www.kompas.com: https://www.kompas.id/baca/ekonom i/2024/06/03/111-kasus-kebocoran- data-pribadi-ditangani-kemenkominfo- pada-2019-14-mei-2024

Mursalim, W., Ravenska, N., & Wijayanti, R. (2020). Penguatan pengusaha pemula berbasis teknologi jawa barat melalui pendampingan inkubator bisnis politeknik STIA LAN Bandung. SeTIA Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–9.

Mutmainah, A.S., Handaru, J.R., Desthantri, D., Alif, S.E.N., Pradesa, H.A. (2024). Pendampingan usaha mikro kecil dan menengah Angkringan Sadulur dengan mengoptimalkan pemanfaatan marketplace serta media sosial. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8 (2), 1526-1538. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.24059

Nikmatullah, H. R. ., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. . (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655.

Panjaitan, A. E., Widjayanti, A., & Sutrisno, E. (2022). The Implementation of Jakarta Entrepreneurship (Jakpreneur) Program in Empowering Small and Medium Enterprises in Kembangan District Administrative City of West Jakarta. Journal of Business Administration Economics & Entrepreneurship, 4(1), 28–36. Retrieved from https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/444

Purba, C. O., Handayani, H. (2022).The Use Of Social Media Influencers in Digital Marketing to Target Consumer Buying Interest. Jurnal Mirai Management, 7 (3), 372 – 380.

Rahmah, A., Ravenska, N., Taufik, N. I., & Purba, C. O. (2024). Implementing the PIECES Method in Assessing Debtor Satisfaction with SLIK at the Financial Services Authority (OJK) Office. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(3), 293–301. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.032

Rahman, A., Nugroho, A.B.. Tindaon, S.S., Wijayanti, R. (2020). Advokasi Model Pemanfaatan E-commerce Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM. SeTIA MENGABDI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2), 63 – 69.

Ravenska, N., & Nidar, S. R. (2024). Enhancing Student Financial Literacy through Collaborative Value Creation in West Java. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(2), 272–280. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.029

Setiadi, H., Silitonga, M., & Sutrisno, E. (2023). The strategy of the election supervisory agency in the west java region in increasing community participatory supervision. DIA: Jurnal Administrasi Publik, 21(01), 109-122. https://doi.org/10.30996/dia.v21i01.7670

Sofiani, N., & Riani, A. (2021). Rancangan Sistem Pengendalian Manajemen Menggunakan Metode Six Sigma di Digital Innovation Lounge (dilo) Bandung. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 2(2), 16-25. https://doi.org/10.32815/jpro.v2i2.836

Suryanto, A., Nurdin, N., Sutrisno, E., & Reza, I. F. (2022). Information Technology Preparedness in Indonesia’s Future Capital Area. KnE Social Sciences, 7(9), 1286–1296. https://doi.org/10.18502/kss.v7i9.11016

Syawali, A.Z.S., Harahap, A.S., Pradesa, H.A., Andikaputra, F.A.T. (2023).Analisis Penggunaan Aplikasi BJB DIGI Mobile Banking dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 624 – 633. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1205

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia. SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Tindaon, S.S., Asty, W.D. (2023). Marketing Mix Strategy to Increase the Product Sales at Flaleeka Creative Industry. Journal of Advanced Management Science Vol. 11, No. 3, pp. 91 – 98.

Tindaon, S.S. (2023).Edukasi dan Pelatihan Dasar Berinvestasi di Pasar Modal Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah Agro Garut. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol Pp. 3330 – 3338.

Wijayanti, R., Adfani, M.D., Valentina, C., Siregar, I.N.L., Rahayu, K. (2023). Peningkatan Kapasitas Usaha Produk Olahan Bonggol Pisang melalui Pendampingan Inkubator Bisnis. Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2), 46 – 55.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)