Pengalaman Penumpang Dalam Menggunakan Kereta Cepat Whoosh: Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Penumpang

Syifa Fauzia Herlina, Alikha Novira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman penumpang terhadap minat beli ulang pada penumpang kereta cepat Whoosh, dengan kepuasan penumpang sebagai variabel mediasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan metode incidental sampling, yaitu metode penentuan sampel yang didasarkan pada kebetulan, di mana siapapun yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan sesuai kriteria sampel akan dijadikan responden. Data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dengan skala likert. Analisis data dengan teknik analisis regresi dan uji sobel untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman penumpang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang. Namun, kepuasan penumpang tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Sebaliknya, pengalaman penumpang secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Selain itu, pengalaman penumpang juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang ketika kepuasan penumpang digunakan sebagai variabel mediasi, meskipun pengaruh tersebut tidak terlalu kuat.

Keywords


Pengalaman Penumpang, Minat Beli Ulang, Kepuasan Penumpang, Kereta Cepat Whoosh

Full Text:

PDF

References


Anindya, J. P., Pradesa, H. A. ., Nugroho, A. B. ., & Wijayanti, R. (2023). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Vaksin Virus (Studi Kasus di PT. Bio Farma Bandung). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 5324–5337. https://doi.org/10.37385/msej.v4i5.2567

Ar’ba Sabilla, R., & Herman. (2022). Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api di Stasiun Bandung selama Pandemi Covid-19 dengan Metode IPA dan CSI. Journal of Sustainable Construction, 2(1), 1–12. https://journal.unpar.ac.id/index.php/josc

Ariesandi, J. A., Resita, R., & Salsabila, Z. (2020). Kebijakan Transportasi Umum (ANGKOT) untuk Menanggulangi Kemacetan Jalan. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 55–112. https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/7905/6795

Azzahra,S., Wijayanti, R. (2023). Strategy of Population Administration Services in Bojongloa Kaler District During Covid-19 Pandemic. Fourth International Conference on Administrative Science (ICAS 2022), pp. 102-111.

Badan Pusat Statistik. (2023). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi DKI Jakarta. Badan Pusat Statistik. https://jakarta.bps.go.id/indicator/12/1270/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta-.html

Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Penduduk Hasil Proyeksi Interim di Provinsi Jawa Barat Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kelamin (Orang), 2021-2023. https://jabar.bps.go.id/indicator/12/731/1/jumlah-penduduk-hasil-proyeksi-interim-di-provinsi-jawa-barat-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-kelamin.html

Efendi, B. (2020). Pengaruh Experiential Marketing, Kepuasan Pelanggan, dan Citra Rumah Makan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empirik Pada Rumah Makan Saung Mansur Banjarnegara). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1335

Erlangga, Y., & Madiawati, P. N. (2023). The Influence Of Sales Promotion, Experiential Marketing, Product Quality And Service Quality On Interest To Rebuy Café Space Escalation In Bandung City (Vol. 10, Issue 5).

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (1st ed.). Deepublish.

Fitria, D. N. T., Yohana, C., & Saidani, B. (2021). Pengaruh Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Membeli Kembali Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Pengguna E-Commerce X di DKI Jakarta (Vol. 2, Issue 2).

Fitria, H., & Mu’adzah. (2021). Pendekatan Metode Stuctural Equation Model (Sem) Untuk Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pada Jasa Kurir. Journal Of Industrial Engineering And Technology (Jointech) UNIVERSITAS MURIA KUDUS Journal Homepage, 1(2), 71–79. http://journal.UMK.ac.id/index.php/jointech

Hanif, R. (2022). Menentukan Loyalitas Pengguna Shopeepay Berdasarkan User Experience dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 164–172. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.969

Hanif, R., Astuti, W., & Sunardi, S. (2024). The Mediating Role of Customer Satisfaction in the Effect of Perceived Enjoyment on Customer Trust in Online Investment Application. Innovation Business Management and Accounting Journal, 3(1), 18–29. https://doi.org/10.56070/ibmaj.2024.003

Hanif, R., Sidi, A.P., Annisa, A.R.(2024).Model Aida Pada Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8 (1), 19-33. http://doi.org/10.25273/capital.v8i1.19931

Harahap, A.S., Zulvia, P. (2023). Analisis Pengembangan Smart City berdasarkan Dimensi Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Insitutional di Kota Padang Panjang. Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (1), 618 – 624. https://doi.org/10.30865/klik.v4i1.1200

Harahap, A., Zulvia, P. (2021). Klasterisasi Desa dengan Menggunakan Algoritma K-Means pada Data Potensi Desa. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 237 – 246. http://doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3724

Hidayati, N., Pradesa, H. A., & Agustina, I. (2023). Key determinants of attitudes towards Islamic banks: An exploratory study among Islamic university students. Journal of Enterprise and Development (JED), 6(1), 37–48. https://doi.org/10.20414/jed.v6i1.8392

Indarsyah, R., Rahman, A. ., Putrianti, S. D. ., & Taufik, N. I. . (2023). Model Strategi Pemasaran Kue Kering Lebaran Di UMKM Ranayya Kitchen Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Dan Analisis Swot. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 7471–7487. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2790

Kharolina, I., & Transistari, R. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Vol. 2, Issue 2).

Lestari, S.S.A., Hanif, R. (2023). Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Ulang Menggunakan Brilink Melalui Kepuasan Pelanggan di Desa Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7 (1), 127-141.

Monica, T., & Widaningsih, S. (2020). Pengaruh Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang ( Studi Kasus Pada Taman Kardus Bandung). www.tripzilla.id,

Nikmatullah, H. R. ., Wijayanti, R., Kurniawan, I., & Purba, C. O. . (2023). Peranan Service Convenience dalam Meningkatkan Repurchase Intention dan Loyalitas Pelanggan di Bahagia Kopi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 8018–8030. https://doi.org/10.37385/msej.v4i6.2655.

Nugroho, A. B., Ravenska, N., & Zulvia, P. (2021). Lifestyle Patterns During the Covid-19 Pandemic. Proceedings of the 2nd International Conference on Administration Science 2020 (ICAS 2020), 564(Icas 2020), 78–82. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210629.015

Nuraieni, F. A., Ravenska, N., & Pradesa, H. A. (2021). Applying Importance Performance Analysis (IPA) Method in Analyzing Level of Service Quality. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 5(2), 85–93. https://doi.org/10.30741/adv.v5i2.779

Nurwijayanti, U. (2024). Daya Tarik Penumpang Terhadap Transportasi Kereta Cepat WHOOSH. In SAE (Study of Applied Entrepreneurship) (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.ut.ac.id/index.php/sae/article/download/7004/1677

Pradesa, H.A., Agustina, I., & Zulvia, P. (2022). Mengurai Faktor Terpenting Pada Kualitas Pelayanan Pembiayaan Murabahah Pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 725-734. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2419

Pramuditha, R., & Agustina, I. (2022). Persepsi Masyarakat Pengguna Atas Kualitas Pelayanan E-KTP Pada Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(1), 884-901. https://doi.org/10.31955/mea.v6i1.1922

PT KCIC. (2023). Progres dan Realisasi Layanan Kereta Cepat Whoosh di 2023. KCIC Website. https://kcic.co.id/kcic-siaran-pers/progres-dan-realisasi-layanan-kereta-cepat-whoosh-di-2023/

Rahmatunnisa, S. N., Utami, A., & Nurhidayat, A. Y. (2021). Probabilitas Perpindahan Penumpang Transportasi Massal Berbasis Rel (Studi Kasus Kereta Api Argo Parahyangan Terhadap Kereta Cepat Jakarta-Bandung). Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan Dan Rekayas Sipil, 4(2), 91–96.

Ramadhan, B., Savitri, D. P., Rahman, A. S., & Arifin, M. A. (2023). Pengembangan Sarana Transportasi Perkotaan Berkelanjutan Pada Kereta Cepat (Whoosh). Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SemResTek), 88–93. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pengembangan+sarana+transportasi+perkotaan+berkelanjutan+pada+kereta+cepat&btnG=#d=gs_qabs&t=1709791352417&u=%23p%3D4u3cpsUJFScJ

Ravenska, N., & Zulvia, P. (2022). Perilaku Impulsive Buying Masyarakat Bandung Raya Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 15-26. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.133

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; 1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.

Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing: How to get customers, sense, feel, think, act and relate to your company and brands. The Free Press.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D (S. Y. Suryandari, Ed.; 3rd ed.). Alfabeta.

Surajiyo, Nasruddin, & Paleni, H. (2020). Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening pada Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Kecamatan LubukLinggau Selatan I dan Selatan II. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi (JMBI UNSRAT), 7(3), 416–428.

Taufik, N.I., Wijayanti, R. (2021). Penerapan E-Office di Lingkungan Politeknik STIA LAN Bandung. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8 (6), 424-428. http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v8i6.3754

Taufik, N.I., Sulistianti, I., Pradesa, H.A. (2022). Penilaian risiko pada layanan pembayaran pensiun PT Asabri Bandung: Sebuah praktek terbaik untuk penguatan tata kelola perusahaan. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5 (2), 857-867. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i2.1729

Tindaon, S.S.(2022). Implementasi Inbound Marketing di Era New Normal: Strategi Pemasaran Pada PT. Tama Cokelat Indonesia.SEIKO: Journal of Management & Business, 5 (2), 104 – 115.

Washil, Moh. Z., Afandi, M. F., & Sumani, S. (2023). Pengaruh Pengalaman Konsumen Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 4(2), 83–96. https://doi.org/10.24853/jmmb.4.2.83-96

Yanti, N. V. (2019). Pengaruh Customer Experience dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Produk Rabbani. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Zulvia, P., Gedeona, H. T. W., & Pradesa, H. A. (2022). Disentangling Important Factors in Service Quality: An Empirical Study in Vocational Higher Education at Bandung City. Jurnal Ilmu Manajemen Advantage, 6(2), 128–141. https://doi.org/10.30741/adv.v6i2.938

Zulvia, P., Haryanto, N.D., Buana, A.A. (2022).Pengukuran Kepuasan Pelanggan Melalui Perbaikan Kualitas Informasi di KOMPAS.COM. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 25 (2).

Zulvia, P., & Haryanto, N. D. (2021). Increasing Customer Statisfaction Through Improving Service Quality at the Purworejo Post Office 54100. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 18(2), 195â €“211. https://doi.org/10.31113/jia.v18i2.796


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



@2017-2024
Jl. Hayam Wuruk No. 34-38 Bandung
Politeknik STIA LAN Bandung
Powered by OJS (Open Jounal Systems)